Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FSPMI Duga Tiga Perusahaan Bakal Hengkang dari Batam
Oleh : Gokli
Senin | 22-12-2014 | 17:39 WIB
suprapto_garda_metal.jpg Honda-Batam
Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto.

BATAMTODAY.COM, Batam - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mencurigai tiga perusahaan milik asing di Batam akan hengkang secara diam-diam. Sebelum terjadi, mereka meminta pihak terkait segera melakukan tindakan, sebab hak-hak buruh yang bekerja di perusahaan itu belum diselesaikan.

"Ada tiga perusahaan yang mencoba keluarkan mesin produksi secara diam-diam. Ini ciri-ciri mau kabur, kami minta Pemerintah dan pihak terkait segera bertindak," kata Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Batam, Suprapto, Senin (22/12/2014) siang.

Tiga perusahaan yang terindikasi akan kabur itu, kata Suprapto, sudah mulai mengurangi produksi. Beberapa mesin yang biasa dioperasikan mulai dikeluarkan tanpa ada penjelasan kepada buruh.

"Kami tak mau kecolongan seperti beberapa perusahaan sebelumnya. Pemerintah juga harus bertindak cepat," ujar dia tanpa menyebut ketiga nama perusahaan itu.

Dua dari tiga perusahaan yang terindikasi kabur itu, kata Suprapto, beroperasi di daerah Mukakuning, sedangkan satu perusahaan lagi beroperasi di daerah Kabil. Sampai saat ini, lanjut Suprapto, ketiga perusahaan itu belum bisa memberi penjelasan kepada buruh.

Selain melayangkan surat kepada pihak terkait, tambah Suprapto, PUK masing-masing perusahaan tetap melakukan penjagaan agar aset-aset perusahaan tidak dibawa kabur. Namun, penjagaan yang dilakukan buruh tidak akan maksimal jika Pemerintah tidak bertindak.

"Kami menunggu tindakan Pemerintah," tutupnya.

Editor: Dodo