Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurangi Pameran, Volvo Fokuskan Penjualan Secara Online
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-12-2014 | 14:47 WIB
Volvo-XC90-Review.jpg Honda-Batam
Volvo CX90, salah satu model yang laris dalam 47 jam setelah dilepas secara online. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM - VOLVO dilaporkan akan mengubah strategi penjualan dan mengurangi gaya head to head seperti lewat pameran-pameran mobil. Melalui program "Volvo Way to Market", automaker asal Swedia itu akan fokus menjual model terbarunya secara langsung ke pelanggan di seluruh dunia secara online.

Meski demikian, bukan berarti Volvo akan meninggalkan pemasaran melalui dealer. Apalagi menurut Reuters, model yang dijual melalui web juga masih melalui jaringan penjualan untuk mengirim ke pelanggan.

"Kami tidak melihat jaringan distribusi mobil tanpa dealer di masa mendatang," kata Alain Visser, bos penjualan Volvo kepada Reuters.

Volvo sudah menguji strategi pemasaran online ini dengan menjual XC90 spesial edition. Luar biasa, SUV itu terjual habis dalam 47 jam, termasuk pesan 120 unit di US untuk model S60 dan V60 Polestar.

Menurut Auto Blog, Volvo juga akan berpikir ulang untuk meluncurkan model-model terbarunya pada tiga pameran mobil yang akan segera digelar dalam waktu dekat: Geneva Motor Show, Shanghai dan Beijing Motor Shows, dan Detroit Auto Show. Malah, Volvo juga ingin sesering mungkin menggelar pameran tunggal untuk mendongrak pemasarannya.

Pemotongan budget juga termasuk untuk biaya iklan, kecuali untuk ajang Volvo Ocean Race.

Dengan gaya pemasaran unik ini, Volvo ingin agar dealer bisa menggambarkan merek warisan Swedia. "Ini akan menandakan deru dan bau elemen yang menggambarkan semangat Skandinavia," menurut siaran pers perusahaan. (*)

Editor: Roelan