Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Liburan Tiba, Dishubkominfo Lingga Bakal Tambah Jadwal Pelayaran Kapal Roro
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 12-12-2014 | 15:48 WIB
Plt_Kadishub_Kominfo_Henry_Efrizal.jpg Honda-Batam
Plt Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lingga Hendry Efrizal.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lingga bakal menambah frekuensi pelayaran kapal roll on roll off (roro) menuju Batam dan Tanjungpinang seiring dengan tibanya musim liburan akhir tahun.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lingga Hendry Efrizal membenarkan hal ini dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishun Kepri untuk menambah frekuensi pelayaran roro dari dua kali menjadi tiga kali setiap pekannya.

"Kita sudah koordinasi. Insya Allah dalam waktu dekat, jadwal pelayaran roro tujuan Batam akan ditambah dan sudah disetujui oleh pihak provinsi, saat ini kami sedang mengatur gadwalnya," kata Hendry Efrizal, Jumat (12/12/2014).

Dia juga berpesan kepada operator dan masyarakat jika ingin bepergian menggunakan kapal laut, untuk lebih berhati-hati mengingat saat ini musim angin utara sehingga ombak juga besar. Khusus untuk operator, pihaknya meminta agar lebih memperhatikan keamanan untuk penumpang dan jika kebagian tiket, diharapkan kepada masyarakat agar tidak memaksakan diri untuk berangkat.

"Kita minta masyarakat yang akan liburan baik yang akan keluar kota kita minta hati menggunakan kapal karna sekarang sedang musim angin utara dan yang berlibur di Lingga, khususnya anak-anak muda agar lebih berhati-hati dalam perayaan tahun baru nanti dan kita minta tidak membawa kendaraan dengan konvoi dan kebut-kebutan," kata dia.

Kapal roro sebelumnya hanya berlayar dua kali dalam sepekan yakni Rabu dari Dabo - Tanjungpinang dan Jumat dari Dabo - Batam. Dengan penambahan ini maka kapal roro rute Dabo - Batam akan ditambah satu kali lagi.

Kapal Roro menjadi favorit bagi masyarakat Kabupaten Lingga, khususnya Dabo untuk bepergian ke dua kota ini menjelang libur akhir tahun. Hal ini dikarenakan  tarif roro tidak mengalami kenaikan seiring dengan naiknya harga BBM bersubsidi.

"Kalau naik kapal feri harga tiketnya Rp300 ribu ke Batam, ke Tanjungpinang Rp200 ribu lebih. Jadi kalau berangkat sekeluarga, saya akan pilih pakai kapal roro untuk liburan ini karena cuma enam puluh ribu, selain itu liburan kita juga bisa bawa kendaraan," kata Joshua, salah satu warga di Dabosingkep.

Meskipun membutuhkan waktu hampir satu hari untuk tiba di Tanjungpinang maupun Batam, namun karena keberangkatan pada malam hari dan tiba di pagi, sehingga perjalanan jauh tersebut tidak terasa bagi sebagain masyarakat ditambah lagi kapal tersebut berukuran besar sehingga jika ombak besar tidak begitu terasa guncangannya.

Editor: Dodo