Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Kesehatan Temukan 8 Penderita AIDS di Lingga
Oleh : Nur Jali
Kamis | 11-12-2014 | 14:38 WIB

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menyatakan ada delapan orang warga di wilayah tersebut mengidap penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome atau AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, dr Igantius Lutti mengatakan delapan penderita AIDS tersebut merupakan penderita lama dan ada juga yang baru, terdiri dari lima orang merupakan perempuan dan tiga orang laki-laki.

"Data dari P2PM Dinas Kesehatan kabupaten yang kami dapat hingga akhir tahun terdapat 8 orang penderita AIDS," kata Lutti, Kamis (11/12/14).

Menanggapi hal ini, warga Singkep Barat, Heri Susanto mengatakan penyebab penyakit AIDS selalu diidentifikasi dengan akibat dari pergaulan bebas seperti seks bebas dan penggunaan jarum suntik atau narkoba.

Menurutnya penyakit mematikan ini seharusnya tidak ada lagi di Lingga, yang selama ini mengemban misi sebagai daerah yang agamis. Data yang dihimpun oleh Dinkes Lingga ini, tidak boleh dianggap hal kecil karena dampaknya akan sangat berbahaya bagi generasi muda dan anak-anak.

Diamengharapkan agar pemerintah daerah tidak saja gencar melakukan sosialisasi tentang penyakit berbahaya ini, namun juga perlu melakukan pencegahan dengan menciptakan lingkungan yang aman dari penyebaran virus berbahaya ini.

"Di Lingga ini, anak-anak sudah banyak yang berani masuk ke tempat hiburan, pemerintah harus memperhatikan tempat hiburan di lingga ini khususnya di Singkep sendiri saat ini sangat mudah ditemui," ungkapnya.

Editor: Dodo