Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Sebut, Ledakan di Vihara Eka Dharma Diduga Akibat Selang Elpiji Bocor
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 08-12-2014 | 19:36 WIB
ledakan-di-vihara1.jpg Honda-Batam
Kondisi rauangan vihara pascaledakan. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana, mengatakan, dari penyelidikan dan olah TKP awal yang dilakukan, penyebab ledakan di Vihara Eka Dharma diduga disebabkan kebocoran tabung elpiji di dapur.

"Itu kita indikasikan dari masih adanya bau menyengat di lantai II dan tiga, serta temuan tabung gas bersama selangnya yang bocor di bagian dapur vihara ini," ujar Dwita Kumu di lokasi, Senin (8/12/2014) malam.

Selain itu, dari keterangan pengurus vihara juga dikatakan, ketika pertama melihat dan mendatangi TKP sempat melihat dan menyaksikan api yang muncul dari dalam selang tabung gas yang disimpan di dapur vihara. "Saat Itu pemilik langsung menyemprot api dengan antiapi yang ada di Vihara," jelas Dwita.

Dwita juga memastikan, dari pengamatan awal pihaknya tidak menemukan sejumlah serpihan bahan peledak seperti mesiu atau benda lainnya.

"Jadi, dugaan kita sementara, ledakan disebabkan boconya selang gas dari tabung sehingga berkumpul di dalam ruangan yang pengap karena tertutup, lalu meledak setelah sebelumnya ada percikan api dari listrik," jelas Dwita.

Namun demikian, katanya, polisi masih akan terus melakukan penyelidikan, termasuk mendatangkan Unit Gegana untuk memastikan penyebab ledakan tersebut.

Sementara mengenai korban jiwa, Dwita juga memastikan hingga saat ini tidak ada, namun hanya ada dua pengendara motor bersama satu orang wanita yang sebelumnya sedang berbelanja, terkena serpihan material yang mengakibatakan luka ringan.

"Korban jiwa tidak ada. Pengendara yang terkena serpihan hanya mengalami luka ringan, dan sempat dibawa ke rumah sakit tetapi sudah pulang," katanya. (*)

Editor: Roelan