Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DKP Batam Beri Kesempatan Warga Lakukan Swakelola Sampah
Oleh : Gokli
Sabtu | 06-12-2014 | 15:05 WIB
suleman_nababan.jpg Honda-Batam
Kepala DKP Batam, Sulaiman Nababan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam membuka kesempatan bagi warga melakukan swakelola sampah, untuk pemukiman yang tak bisa dijangkau armada pengangkutan sampah. Seperti yang sudah berlangsung di Tiban Kampung, Tanjung Riau, dan Tanjunguma.

"Pemukiman yang tak bisa dijangkau armada pengangkut sampah, seperti ruli dan beberapa kavling yang jalan utamanya masih sempit. Mereka kita kasih kesempatan swakelola sampah di lingkungannya," jelas Kepala DKP Batam, Sulaiman Nababan, belum lama ini.

Menurut Sulaiman, swakelola itu dilakukan untuk pengangkutan dari tempat sampah warga sampai ke lokasi Bin Countainer. Setelah itu, sampah yang sudah berada di dalam Bin Countainer akan diangkut petugas DKP sampai ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Telaga Punggur.

"Kita akan sediakan Bin Container sebagai TPS. Lokasinya kita tempatkan di pinggir jalan yang bisa dijangkau armada," kata dia.

Selain membantu DKP mewujudkan Kota Batam yang bersih, kata Sulaiman, swakelola sampah itu juga membantu warga membersihkan lingkungan masing-masing. Sementara untuk retribusi jadi kesepakatan bersama warga dan perangkat RT/RW.

Masih kata Sulaiman, tahun 2015, DKP Batam mengelola pengangkutan sampah untu enam kecamatan masing-masing Sekupang, Batuaji, Sagulung, Seibeduk, Batam Kota, dan Nongsa. Untuk meningkatkan pengelolaan sampah, DKP juga akan menambah armada dan petugas kebersihan.

"DKP Batam akan menambah armada pick up 37 unit, amroll 25 unit, dan Bin Container 39 unit. Penambahan ini untuk pengangkutan di Kecamatan Seibeduk, Batam Kota, dan Nongsa," tutup dia.

Editor: Dodo