Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maju Sebagai Calon Tunggal, Ahmad Ma'ruf Maulana Terpilih Jadi Ketua Kadin Kepri Baru
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 06-12-2014 | 12:16 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Ahmad Ma'ruf Maulana secara otomatis harus meninggalkan jabatan lamanya sebagai Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Batam. Pasalnya, ia terpilih sebagai ketua Kadin Provinsi Kepri periode 2014-2019 dalam Musyawarah III Kadin Kepri yang digelar di Novotel Hotel, Jumat (5/12/2014) malam.

Dalam musyawarah tersebut, mantan ketua Kadin Batam periode 2012-2017 ini merupakan calon tunggal, dan secara aklamasi langsung dipilih dan dilantik menjadi ketua Kadin Kepri oleh pengurus pusat Kadin Indonesia, Rahmat Junaedi.

"Pelaksaan musyawarah tertinggi Kadin ini sudah tiga kali kita tunda. Tujuan agar kita bisa melihat seberapa banyak calon yang akan maju. Tapi hingga seminggu sebelum pelaksaan musyawarah, hanya satu calon yang muncul. Karena syarat dan ketentuannya terpenuhi, maka Ahmad Ma'ruf langsung dipilih," kata Rahmat Junaedi, Jumat malam.

Menurutnya, meski hanya satu nama calon yang muncul, selagi memenuhi syarat tidak menjadi masalah. Namun, Ahmad Ma'ruf Maulana sebelumnya tetap harus melewati tata tertib pemilihan serta program kerja, sehingga bisa dipilih menjadi ketua Kadin Kepri.

Ia berharap, kepengurusan Kadin Kepri dengan pemimpin baru dapat membuat Kadin Kepri lebih maju lagi ke depannya, sesuai tema musyawarah III, "Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kepri melalui Kadin dengan Memperkuat Sektor Maritim dan Mengembangkan Usaha Kecil Menengah".

"Kadin harus terus turun memajukan perekonomian terutama di bidang kemaritiman dan UMKM. Kita berharap pemimpin yang baru ini bisa membuat Kadin Kepri semakin baik, dan mampu memberikan jaminan kepada pengusaha-pengusaha untuk membuka usahanya," pungkas Rahmat.

Sementara itu, Ahmad Ma'ruf Maulana, mengatakan, kedepan ia memiliki visi resolusi ekonomi Kepri yang mandiri, tanguh dan berdaya saing, yang diwujudkan dengan misi meningkatkan daya saing dan iklim usaha yang kondusif, penguatan organisasi dan manajemen Kadin Kepri.

"Misi kita selanjutnya, akan memperkuat komitmen dan keberpihakan, penguatan asosiasi dan himpunan, serta penguatan dan perluasan jaringan usaha kerjasama," ucapnya.

Gubernur Kepri, Muhammad Sani dalam sambutannya saat menghadiri Musyawarah III Kadin Kepri itu, mengharapkan agar industri perdagangan Kepri lebih maju dengan kepemimpinan yang baru, selaku mitra kerja dari pemerintah.

"Tema Musyawarah III Kadin Kepri ini sangat menarik dan sangat mendukung sengan kondisi perairan kita jauh lebih luas dari daratan. Dengan kata lain, saya berharap Kadin bisa meningkatkan potensi perikanan kelautan di Kepri dan diangkat ke permukaan, sehingga bisa berkontribusi untuk Kepri dan pemerintah," tutupnya.

Editor: Dodo