Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Anambas Sudah Lama Impikan Tindakan Tegas kepada Nelayan Asing Pencuri Ikan
Oleh : Nursali
Sabtu | 06-12-2014 | 08:34 WIB
kapal_usai_diledakkan_mulai_tenggelam.JPG Honda-Batam
Kapal nelayan asal Vietnam yang ditenggelamkan TNI AL. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengapresiasi tindakan tegas pemerintah melalui TNI AL yang menenggelamkan tiga kapal nelayan asing asal Vietnam karena telah mencuri ikan di perairan Indonesia.

Menurutnya, langkah ini adalah kebijakan yang paling tepat untuk memberikan efek jera kepada para pelaku illegal fishing mengingat dia sering menerima pengaduan masyarakat mengenai maraknya aksi pencurian ikan oleh nelayan asing di perairan Anambas.

"Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah yang menindak tegas kapal asing ini," kata Haris, usai menyaksikan proses penenggelaman kapal asing kepada BATAMTODAY.COM di pekarangan Hotel Terempa Beach, Tarempa, Jumat (5/12/2014).

Dia menambahkan, tindakan seperti ini sesungguhnya telah lama diimpikan oleh masyarakat Anambas. Terlebih lagi saat memasuki musim utara seperti saat sekarang karena di musim inilah nelayan asing tersebut dengan leluasa menjarah ikan di perairan Indonesia karena armada yang mereka miliki jauh lebih canggih dan kokoh jika dibandingkan dengan kapal nelayan lokal.

"Pada dasarnya pemerintah dan masyarakat Anambas sangat mendukung karena sudah lama hal seperti ini diimpikan oleh masyarakat," katanya.

Ia mengharap hal seperti ini terus dilakukan pemerintah secara berkesinambungan karena pada dasarnya kekayaan laut nusantara ini sangat menjanjikan sehingga membuat negara-negara asing tergiur untuk meraup ikan di perairan negeri ini. (*)

Editor: Roelan