Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Jenis Terong dan Keistimewaannya
Oleh : Redaksi
Jum'at | 05-12-2014 | 12:52 WIB
terong.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Buah terong atau ada juga yang menyebutnya sebagai sayur, merupakan salah satu santapan favorit bagi pecinta kuliner di Indonesia.

Buah ini merupakan salah satu jenis bahan masakan yang dapat diolah dalam berbagai jenis makanan. Berikut jenis-jenis terong dan keistimewaannya seperti diulas dalam situs Femina,

1. Terong Ungu
Ada yang menyebutnya terong kopek. Memiliki dua bentuk, yakni bulat dan panjang. Di pasar tradisional, bentuk panjang lebih mudah dijumpai. Bentuk lainnya yang lebih pendek, lebih berisi, dan bertekstur lebih padat serta berwarna ungu tua mengilap sering disebut terung jepang. Sedangkan terong ungu bulat sering disebut terong gelatik, dikonsumsi sebagai lalapan karena rasanya tidak pahit dan tidak langu. 

2. Terong Putih
Bentuk lebih langsing dan tekstur isi menyerupai terong ungu panjang, dengan rasa yang sedikit manis. Terong putih merupakan varietas terong hibrida dan dikenal pula sebagai terong kania. Jenis yang ada di pasar merupakan jenis albino dan white beauty. Di Kalimantan Barat, jenis terong ini diolah menjadi manisan, sedangkan di Jawa Barat biasa diolah menjadi campuran dalam terancam dan karedok.

3. Terong Jari/Telunjuk
Di Indonesia, dapur Sumatra banyak menggunakan terong dengan warna hijau berbentuk seperti jari/telunjuk. Semburat garis putih berada di ujung bagian terong. Selain hijau, ada juga terong telunjuk yang berwarna kuning. Terong jenis ini tumbuh liar atau di hutan. 

4. Tekokak 
Bentuknya kecil seperti buah ceri kampung, berwarna hijau, berkulit tipis, dan bagian dalamnya didominasi oleh biji kecil. Tumbuh bergerombol atau berkelompok pada satu tangkai yang berduri. Terong ini memiliki rasa langu dan getir, lebih sering dicampurkan dalam masakan. Sering disebut juga terong pipit atau terong rimbang, cepoka, cokowana, dan pokak di  dapur Sumatra. Di  Eropa, terong ini disebut  Turkey berry dan mini-eggplant.

5. Ranti
Di Jawa Barat disebut leunca. Bentuknya lebih kecil dari tekokak dengan tekstur seperti tomat hijau mini dengan rasa sedikit manis. Kulitnya kenyal berwarna hijau dan ada pula yang kehitaman. Keluarga terong ini banyak digunakan di dapur Sunda, misalnya untuk campuran pada tumisan oncom, urap, atau sambal. 

6.Terong Belanda
Bentuknya lonjong menyerupai telur dengan bagian ujung runcing dan berwarna hijau. Sedangkan warna merah keunguan atau kuning kemerahan menandakan terong ini sudah ranum. Daging buahnya banyak mengandung air, berbiji hitam, daging berwarna kuning kemerahan. Berbeda dengan jenis terong lain yang umum dimasak untuk lauk atau lalapan, terong belanda ini biasa diolah menjadi jus, sirop, dan selai.

Editor: Dodo