Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sani Dukung Penenggelaman Kapal Pencuri Ikan Asing di Laut Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 05-12-2014 | 12:38 WIB
kapal_4.jpg Honda-Batam
Salah satu dari tiga kapal nelayan asing pencuri ikan yang ditenggelamkan di perairan Anambas.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Muhammad Sani mendukung pelaksanan penenggelaman kapal nelayan asing pencuri ikan di Kepri, khususnya di Kawasan Natuna dan Anambas. Harapannya, agar tidak ada lagi kapal nelayan asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia dan khususnya Kepri. 

"Kita sangat mendukung tindakan represif pemerintah dalam upaya memberantas kapal nelayan asing yang melakukan pencurian ikan di Kepri," kata Sani pada wartawan saat melakukan peninjauan Jembatan II Dompak, Jumat (5/12/2014). 

Sedangkan mengenai pelaksanaan operasi penenggelaman kapal asing pencuri ikan yang saat ini dilakukan TNI-AL sebagaimana arahan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Sani mengaku belum mendapat pemberitahuan maupun undangan. 

"Saya belum ada diberitahu, tapi kemungkinan diserahkan pada aparat TNI-AL lah," kata dia.

Selain masalah pencurian ikan di laut Kepri, Sani juga meminta peran pemerintah pusat dalam masalah penjagaan keamanan laut, khususnya dalam hal semua kegiatan kemaritiman, perikanan, perdagangan serta memberantas penyelundupan barang-barang terlarang.

Seperti diketahui, penenggelaman tiga kapal nelayan Vietnam yang mencuri ikan di perairan Anambas, yang dilaksanakan hari ini, melibatkan sejumlah unsur pendukung TNI AL. Unsur-unsur pendukung ini merupakan prosedur operasional standar dari TNI AL.

Unsur-unsur yang terlibat antara lain unsur VIP berupa KRI Sultan Hasanuddin-366, unsur pengamanan (PAM) yang berupa KRI Sutedi Senoputra-378 dan KRI Todak-631, dan unsur SAR dan evakuasi berupa KRI Barakuda-633. Selain itu ada juga unsur angkutan oleh KAL Baruk Patkamla Tarempa, serta unsur domisli berupa Tim Kopaska.

"Kesemuanya ini adalah prosedur yang harus dijalani, tidak boleh dilewatkan," tegas Komandan KRI Sutedi Senoputra-378, Mayor Laut (P) Hendra Astawan, kepada BATAMTODAY.COM di anjungan KRI Sutedi Senoputra-378, Jumat (5/12/2014) pagi.

Sementara, tiga kapal Vietnam yang akan ditenggelamkan masing-masing adalah KG 90433 TS/ATS 006 GT.66, KG 93466 TS/ATS 005 GT.49, dan KG 94266 TS/ATS 012 GT.103. 

Editor: Dodo