Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Kapal Nelayan Vietnam di Anambas Ditenggelamkan Pagi Ini
Oleh : Nursali
Jum'at | 05-12-2014 | 07:45 WIB
Tiga_Kapal_Asing_Yang_Akan_Ditenggelamkan.jpg Honda-Batam
Tiga kapal nelayan Vietnam yang bakal ditenggelamkan. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Penenggelaman tiga kapal nelayan asing asal Vietnam yang mencuri ikan di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas akan dilakukan pagi ini sekitar pukul 09.30 WIB. Ketiga kapal nelayan akan ditenggelamkan TNI AL di Palmatak, tepatnya pada koordinat 03 13 00 U - 106 09 00 T sekitar 8 mil laut dari pulau terdekat dan pada kedalaman 70 meter dari permukaan laut.

Hal ini dilakukan melanjuti perintah yang dikeluarkan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Prosesi penenggelaman ketiga kapal itu juga akan dihadiri oleh Panglima Armada Kawasan Barat (Pangrarmabar), Kapuspen TNI AL, Danguskamlabar, Danlantamal IV, Paban II Ops SOP AL, Asisten Pangarmabar, Danlanal Tarempa, ADC Pangarmabar, di KRI Karbaru.

Sementara di Patkamla Tarempa juga ada Kadislum Armabar, Dankopaska, Paban Ops Armabar, Danlanudal Matak, dan dua perwira Bakorkamla. 

Penenggelaman ini melibatkan KRI Barakuda, KRI Sutedi Senoputra, KRI Todak, dan KRI Sultan Hasanuddin.

"Tiga kapal sudah bergerak ke lokasi penenggelaman," kata Komandan KRI Sutedi Senoputra-378, Mayor Hendra Astawan, kepada BATAMTODAY.COM di KRI Sutedi Senoputra-378, Jumat (5/12/2014) pagi.

Prosesi ini juga akan turut dihadiri Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kepulauan Anambas, perwakilan dari masyarakat Anambas, dan instansi terkait lainnya.

Hingga pukul 07.00 WIB persiapan untuk penenggelaman kapal asing aksi illegal fishing di perairan Indonesia tepatnya di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas tengah berlangsung.

Tindakan tegas dengan menenggelamkan tiga kapal asing pencuri ikan di perairan Pulau Matak, Kecamatan Pal Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, dilakukan sesuai perintah Presiden Jokowi. (*)

Editor: Roelan