Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pantau Kesiapan Polair, Kapolri Kunjungi Pulau Laut Natuna
Oleh : Hadli
Kamis | 04-12-2014 | 18:41 WIB
kapolri-kapolda.jpg Honda-Batam
Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Sutarman, dan Kapolda Kepri, Brigjen Pol Arman Depari. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Sutarman, bersama rombongan Mabes Polri dan Polda Kepri melakukan kunjungan kerja ke pulau terdepan di wilayah Kabupaten Natuna, Kamis (4/11/2014) siang.

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono, kunjungan Kapolri ke Kabupaten Natuna  dalam rangka meninjau dan mengecek kesiapan personel Polri, khususnya anggota Polair di wilayah Natuna.

"Wilayah Natuna yang wilayahnya merupakan pulau-pulau yang  berbatasan dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia, pengecekan berkaitan dengan  kesiapan personel, sarana dan koordinasi dengan instansi lain," katanya ketika dihubungi BATAMTODAY.COM.

Ia menambahkan, koordinasi dengan intansi terkait dalam rangka penegakan hukum di wilayah laut dan pengamanan pulau-pulau terdepan yang langsung  berbatasan langsung dengan negara lain.

"Pada pukul13.50 WIB Kapolri dan rombongan menuju Pulau Laut di wilayah Kabupaten Natuna. Pulau ini merupakan pulau terdepan yang berbatasan dengan Vietnam, Malaysia," jelasnya.

Selain melakukan pengecekan kesiapan anggota, lanjut Hartono, Kapolri juga bertemu dengan warga dan tokoh masyarakat setempat guna menampung aspirasi masyarakat di pulau terdepan itu.

Dia menjelaskan, di Kabupetan Natuna terdapat sebanyak tujuh pulau terdepan yang langsung berbatasan dengan negera tetangga seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Pulau-pulau terdepan ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah, provinsi dan pusat dari segala aspek.

Ketujuh pulau terdepan tersebut di antaranya Pulau Sekatung, Pulau Sengiun di Kecamatan Pulau laut, Pulau Subi Kecil di Kecamatan Subi Pulau Sepala, Pulau Sematan dan Pulau Tukong di Kecamatan Serasan.

Setelah seharian di Kabupaten Natuna, pada Jumat (5/12/2014) lusa Kapolri dan rombongan yang didampingi Kapolda Kepri, Brigjen Pol Arman Depari, dijadwalkan akan mengunjungi Tanjungpinang dan Lagoi, Bintan. (*)

Editor: Roelan