Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tergantung di Perumahan Bukit Mas Nagoya
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 04-12-2014 | 17:50 WIB
jasad-pria-gantung-diri-die.jpg Honda-Batam
Petugas dari kepolisian saat mengevakuasi jasad pria tanpa identitas, yang ditemukan tewas tergantung di Perumahan Bukit Mas Blok Anggrek nomor 20.

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Perumahan Bukimas, Nagoya, Batam, dihebohkan dengan penemuan sesosok mayat pria dalam kondisi tergantung di pintu teralis rumah sebuah rumah di Blok Anggrek nomor 20 pada Kamis (4/12/2014).

Saat ditemukan, kondisi pria keturunan Tionghoa yang belum diketahui identitasnya itu tidak mengenakan baju. Beberapa bagian tubuhnya sudah membiru dan membengkak. Diduga pria tersebut sudah meninggal bebeberapa hari lalu dan telah mengeluarkan bau menyengat.

Posisi mayat pria itu seperti bersandar ke pintu teralis dan menghadap ke pagar belakang rumah. Lehernya dililit dengan tali yang diikatkan ke bagian atas pintu teralis.

Menurut keterangan Toha, penjaga rumah dan yang pertama sekali menemukan mayat tersebut sekitar pukul 12.00 WIB, rumah milik perusahaan tempat ia bekerja, PT Batam, memang kosong dua bulan belakangan ini karena akan direnovasi. Sementara ia sendiri ditugaskan untuk mengawasi rumah tersebut.

Ia sendiri tidak menduga akan menemukan mayat di rumah itu. Dia mendatangi lokasi hanya untuk mengecek rumah seperti hari-hari biasanya.

Namun saat masuk pekarangan, ia mencium bau busuk dari dalam rumah. "Pas saya masuk pekarangan, saya mencium bau seperti bangkai. Saat saya lihat dari celah-celah pintu di garasi mobil, ternyata ada seperti orang yang tergantung di pintu teralis bagian belakang garasi itu," kata Toha, Kamis sore.

Setelah memastikan bahwa yang ia lihat adalah mayat seseorang, ia langsung menghubungi pihak peusahaan dan melaporkan kepada kepolisian. Ia juga mengaku pria tersebut seperti mengalami gangguan jiwa.

"Beberapa hari yang lalu saya sempat mengusirnya karena selalu berkeliaran di depan rumah ini. Ia sepertinya sakit, semacam gangguan jiwa. Setelah itu saya tidak melihat lagi dia ada di sini. Baru hari ini saya melihat dia sudah seperti itu (meninggal)," jelas Toha.

Dijelaskan Toha, pria tersebut masuk ke dalam rumah yang terkunci dengan cara memanjat tembok teras rumah dan naik ke atap. Setelah itu baru turun dan masuk ke dalam rumah lewat bagian belakang. "Untuk jalan satu-saunya ya dengan memanjat di teras ini, kemudian naik ke atap," jelas Toha.

Sama halnya pengakuan dari Indah, warga perumahan. Ia menuturkan bahwa pria tersebut sering berkeliaran di komplek perumahan itu dan diketahui mengalami gangguan jiwa.

Menurut Indah, pria itu bukan warga setempat tapi sering berkeliaran di perumahan ini. "Gelagatnya seperti orang sakit, sering
mondar-mandir dan berbicara sendiri," kata Indah.

Kapolsek Lubukbaja, Kompol I Dewa Nyoman ASN, yang berada di lokasi mengatakan, mayat pria yang belum diketahui identitasnya ini diduga memang bunuh diri. "Kalau informasi dari warga sekitar, pria ini mengalami gangguan jiwa. Tapi kita akan selidiki lebih lanjut dan mencari tahu identitasnya," kata Dewa singkat.

Sementara itu, tim Identifikasi Polresta Barelang yang datang ke lokasi langsung menurunkan mayat itu dan membawa ke Rumah Sakit BP Batam di Sekupang untuk proses lebih lanjut. (*)

Editor: Roelan