Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Eyeteq Bantu Penyandang Buta Warna
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-12-2014 | 12:52 WIB
tes-buta-warna.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Kabar gembira bagi orang-orang yang mengalami buta warna. Kini, sebuah perusahaan asal Inggris tengah mengembangkan teknologi yang membuat penyandang buta warna dapat membedakan bayangan lebih baik kala menonton tayangan televisi.

Eyeteq, teknologi yang dikembangkan perusahaan Spectral Edge, mengubah warna frame demi frame dalam tayangan sehingga orang dengan mata normal pun tidak terganggu.

Direktur Pelaksana Spectral Edge, Christopher Cytera, mengatakan pasar untuk teknologi Eyeteq terbuka lebar.

"Pasarnya cukup besar mengingat 8% manusia di seluruh dunia mengalami buta warna--jumlah yang sangat besar. Lagipula, banyak upaya dilakukan di bidang suara dan teks, namun sejauh ini tiada upaya untuk buta warna," kata Cytera.

Colour Blind Awareness, sebuah komunitas yang memperjuangkan pemenuhan kebutuhan orang-orang yang mengalami buta warna, menyambut baik teknologi Eyeteq.

"Tanggapannya bagus. Ketika saya mencobanya untuk putra saya, dia memberikan angka 10 dalam skala 1-10. Ini benar-benar membuka matanya," kata pendiri Colour Blind Awareness, Kathryn Albany-Ward.

Teknologi bikinan Spectral Edge itu tidak serta-merta membuat kaum buta warna dapat membedakan warna. Namun, teknologi tersebut setidaknya dapat memudahkan mereka mengenali perbedaan.

Tatkala klub sepak bola Liverpool FC menghadapi klub Bulgaria, Ludogorets, misalnya. Kaum buta warna mengeluh karena tidak bisa membedakan pemain dari kedua tim mengingat Liverpool memakai kostum merah dan Ludogorets mengenakan kostum hijau.

Sumber: BBC