Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diterjang Angin Kencang, Kapal Roro Lome Tabrak Jembatan II Dompak
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 04-12-2014 | 12:32 WIB
innova_lome.jpg Honda-Batam
Toyota Innova yang mengalami kerusakan saat KM Lome menghantam Jembatan II Dompak.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapal roll on roll off bernama KM Lome menghantam Jembatan II Dompak, Tanjungpinang usai diterjang angin kencang pada Kamis (4/12/2014) pagi.

Akibat kecelakaan ini, satu buah tiang pancang Jembatan II Dompak mengalami patah dan beton di atasnya retak. Sementara cerobong di buritan kapal terlihat remuk dan sebuah mobil Toyota Innova bernomor polisi B 1369 SIU milik penumpang mengalami kerusakan di bagian depan karena tertimpa plat buritan kapal.

Nahkoda KM Lome Hermanto dan asistennya Syarifudin mengatakan, awalnya KM Lome baru tiba dari Pelabuhan Marau Tanjungbalai Karimun, dengan membawa 4 orang penumpang dan 8 unit kendaraan terdiri dari 3 truk bermuatan barang dan 5 mobil pribadi.

Ketika memasuki selat di Pelabuhan Roro Dompak, kondisi air laut pada saat itu, sedang naik pasang, hingga nahkoda memasukan buritan kapal. Namun sekitar 100 meter dari Pelabuhaan Roro Dompak, kapal langsung diterpa angin kencang sehingga hanyut dan menghantam tiang dan beton di bagian ujung jembatan. 

"Saat mau memutar haluan tiba-tiba angin bertiup kencang, dan membawa badan kapal hanyut hingga ke bagiaan sisi Jembatan," kata Syarifuddin.

Mereka berdua sudah berusaha dengan dua mesin 16 PK, memacu kecepatan kapal. Namun karena kondisi arus pasang laut menuju arah jembatan, ditambah angin yang bertiup kencang dari arah laut ke kejembatan, membuat laju kapal tidak sanggup menahannya dan kemudian terseret arus.

"Yang kena bagian cerobong buritan kapal ke tiang dan beton jembatan, satu unit mobil milik penumpang juga rusak terkena timpa, plat lidah jejak kapal di bagian buritan," kata dia.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kejadian langsung dilaporkan ke syahbandar setempat.

Sekitar pukul 09.00 WIB, KM Lome sudah berhasil disandarkan di pelabuhan roro Dompak, dan seluruh muatan dan serta penumpang sudah dikeluarkan. 

Untuk mengetahui penyebab kecelakaan, saat ini otoritas terkait sedang melakukan penyelidikan dan investigasi di lokasi kejadian.

Editor: Dodo