Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Diguyur Hujan, Waspadai Gelombang Tinggi
Oleh : Hadli
Sabtu | 29-11-2014 | 13:46 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu melalui prakiraan cuaca, Agita Devi Prastiwi menyampaikan pada hari ini, Tanjungpinang, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas juga akan diguyur hujan. 

"Hal itu dikarenakan adanya daerah pusat tekanan rendah di atas wilayah kepulauan Filipina memberikan dampak adanya daerah pertemuan massa udara (konvergensi) di wilayah Kepulauan Riau sehingga menyebabkan massa udara berkumpul dan berpotensi dalam membentuk awan-awan," ujarnya, Sabtu (29/11/2014). 

Melalui pengamatan BMKG, di Batam pada pagi dan siang hari berawan dan hujan ringan, dan pada malam harinya berawan. Tanjungpinang dan Bintan pada pagi dan malam hari berawan dan hujan ringan, sedangkan pada siang harinya berawan. 

Wilayah Tanjung Balai Karimun pada pagi dan malam hari berawan, siang hari berawan disertai hujan ringan. Lingga terjadi berawan dan hujan pada malam hari, sedangkan pagi dan siang hari berawan. 

Wilayah Natuna dan Anambas pagi dan siang harinya berawan. Malam harinya di dua daerah tersebut mengalami berawan dan hujan ringan.  

"Nilai kandungan kelembapan udara yang cukup tinggi juga turut mendukung dalam proses pertumbuhan awan-awan tersebut.  Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara," jelasnya. 

Untuk aktivitas laut, rata-rata tinggi gelombang 0,5 meter sampai 2 meter seperti yang terjadi di wilayah laut Natuna dan Anambas. Sedangkan Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun dan Lingga diperkirakan tinggi gelombang 0,5 meter sampai 1,3 meter. 

Editor: Dodo