Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karena Kecil, Sejumlah Pengurus RT dan RW di Karimun Ogah Terima Insentif
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 28-11-2014 | 09:59 WIB
bantuan_uang.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ada pemandangan yang unik pada penyerahan insentif RT/ RW triwulan IV, tahap 2 kali ini. Disinyalir akibat kecilnya biaya insentif yang diterima atau sebesar Rp475 ribu per tiga bulan itu, sehingga acara serah terima tersebut hanya dihadiri segelintir ketua RT dan RW saja.

Padahal seharusnya, RT dan RW yang hadir sebanyak 574 orang dari  5 Kecamatan. Bahkan, Camat, Lurah dan Kades yang sejatinya mendampingi 'ujung tombak pembangunan' itu, juga ikut-ikutan 'latah' tidak menghadiri acara yang dibuka Wakil Bupati Karimun tersebut.

"Macam mana anak buahnya tidak hadir, Kepalanya saja (Camat, Lurah dan Kades -red) tidak mau datang,"ujar Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq bernada kesal, saat membuka pidatonya, Kamis (27/11/2014) di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun

Dilihat dari sisi efisiensi, acara berkumpul seperti ini sangat baik. Namun, dari sisi efektifnya belum tercapai,  setelah melihat fakta yang terjadi secara langsung. "RT dan RW merupakan ujung tombak dalam sistem pemerintahan," tegas Rafiq.

Wabup Karimun itu mengakui, jumlah insentif yang diterima tersebut tidak sebanding dengan peran RT dan RW dimasyarakat. Hanya saja, keuangan Pemda Karimun  belum mampu untuk memberikan lebih dari itu.

"Memang jika dihitung  pertahunnya, insentif yang dikeluarkan mencapai Rp14 miliar. Tetapi semua itu tidak diberikan untuk RT dan RW saja. Ada juga pemberian ke yang lainnya, diantaranya Kader Posyandu dan Guru TPQ," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemkab Karimun, Dwi Yandri Kurniawan dalam laporannya mengatakan, insentif triwulan ke IV ini, dihitung dari bulan Oktober, November dan Desember 2014. Nilainya sebesar Rp 475 ribu, dan ini merupakan pembagian tahap 2.

"Total insentif untuk ketua RT se-Kabupaten Karimun yang berjumlah 1.071 orang dan RW sebanyak 383 orang, dari triwulan I sampai IV tahun 2014 ini, lebih dari Rp2,7 miliar. Sedangkan penyalurannya, sejak pertengan tahun 2013 lalu, dimasukkan ke rekening Lurah dan Kadesnya masing-masing," terangnya.

Editor: Dodo