Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pejabat Kemenag Dituntut Tidak Hanya Pandai Berteori, Tapi Juga Praktik
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-11-2014 | 15:51 WIB
menag_lukman_hakim_saifuddin.jpg Honda-Batam
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pejabat di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dituntut tidak hanya pintar berpikir akademik teoritik, tetapi juga mampu mengeskusi kebijakan praktis yang berorientasi pada kemaslahatan umat dan bangsa.

"Merespon isu keagamaan yang krusial, saya ingatkan para pejabat jangan hanya berpikir akademik teoritik, tapi juga praktis dalam mengeksksusi kebijakan dan harus benar-benar mempertimbangkan kemaslahan umat dan bangsa," pesan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, saat melantik sejumlah pejabat eselon II di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Lukman juga meminta para pejabat dapat memahami dan melaksanakan kebijakan pemerintah menyangkut efisiensi dan penghamatan anggaran. Menurutnya, dalam era revolusi mental, seluruh aparatur Kemenag harus membina sikap mental yang bersih, menghargai sesama, serta berpihak kepada keadilan.

"Wibawa dan citra Kemenag adalah sesuatu yang harus memancar dari dalam dan para pejabat eselon I dan II adalah elit Kemenag yang menentukan mau dibawa ke mana organisasi besar ini," pesan Lukman seperti dilansir laman kementerian.

Lukman juga berpesan agar jajarannya menguasai substansi dan konstelasi tugas masing-masing demi optimalnya kinerja Kemenag. "Pemimpin dituntut untuk bekerja dan memimpin dengan visi dan misi yang jelas serta membebaskan birokrasi pada rutinitias. Tugas pimpinan adalah mengambil keputusan dengan berbagai konsekuensinya," ujar Lukman.

"Kita semua adalah pemimpin. Beranilah mengambil keputusan tapi tentu keputusan yang matang dan membawa kemaslahatan," tambahnya. (*)

Editor: Roelan