Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tarif Kapal Feri dari Pelabuhan Domestik Sekupang Juga Ikut Naik
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 27-11-2014 | 15:43 WIB
ferry-punggur.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tarif kapal feri dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) juga mengalami kenaikan setelah Dinas Perhubungan Kepri menetapkan 25 persen untuk tujuan antar kota maupun antar provinsi. Kenaikan tarif ini berlaku mulai Sabtu (29/11/2014) mendatang.

"Sudah diputuskan naik 25 persen. Tapi pemberlakuannya dua hari lagi tepatnya Sabtu karena untuk tarif yang di Punggur masih dalam pembahasan namun bisa jadi pemberlakuannya kami menunggu tiket feri di Punggur juga naik," ujar Asmadi, Dewan Pembina Pelayaran Rakyat Batam, Kamis (27/11/2014).

Asmadi mengatakan rapat yang dilakukan kemarin dihadiri unsur pemerintah yakni Dishub, Kanpel serta internal operator feri, sepakat memutuskan harga tiket feri di PDS naik 25 persen atau turun 5 persen dari rencana kenaikan 30 persen sebelumnya.

"Antar kota itu seperti Batam-Tanjungbalai Karimun. Sementara antar Provinsi Batam-Tembilahan, keseluruhnya naik sebesar 25 persen, tinggal persetujuan Gubernur," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Asmadi merasa mengeluh penurunan jumlah penumpang yang melewati domestik sejak ditetapkanya kenaikan tarif Bahan Bakar Minya (BBM). Namun demikian Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang Yovan Siaahan membantah adanya penurunan jumlah penumpang.

"Pelabuhan Domestik Sekupang itu ketika ramai hanya waktu tertentu aja, seperti hari-hari besar dan ada suatu acara di lokasi tujuan. Kalau penurunan tidak ada, kondisinya memang di sini sepi," pungkasnya.

Editor: Dodo