Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Harapkan Pilwako Batam Lancar, Tertib dan Bermartabat
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 14-12-2010 | 16:37 WIB

Batam, batamtoday - Pemilihan Walikota Batam 2011 diharapkan berjalan dengan lancar, tertib dan bermartabat, serta tanpa ada gangguan dalam pelaksanaannya. Hal itu diungkapkan Kapolresta Barelang Kombes Pol Eka Yudha Satriawan dalam acara silaturahmi dan tatap muka Kapolresta, KPU, Panwaslu serta timses pasangan cawako dalam rangka pengamanan Pilwako 2010 di Mapolresta Barelang, selasa (14/12).

Menurut keterangan Kapolresta, saat ini kondisi Batam sangat kondusif. Meskipun ada beberapa kejadian yang terjadi, namun kejadian tersebut bukan kejadian yang menonjol serta tidak menjadi berita besar dan isu nasional.  

"Kondisi Batam sekarang aman, tidak ada kejadian menonjol, seperti kasus Drydock dan kasus penembakan Acai, yang hingga menjadi isu nasional," kata perwira yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Wakapolresta Barelang ini. 

Eka Yudha mengharapkan, dalam pelaksanaan kampanye pemilukada nanti, setiap timses dapat memperhatikan seluruh massanya agar tidak melakukan pelanggaran yang dianggap rawan hingga merugikan pasangan calon yang diusung mereka. Adapun pelanggaran tersebut, kata Eka, antara lain menebarkan isu SARA, melibatkan anak di bawah umur dalam kampanye, pelanggaran lalulintas dalam kampanye, bentrok massa dan provokasi.

"Hal-hal tersebut harap untuk diperhatikan oleh setiap timses," tegas Eka.

Selain itu, Kapolresta menyarankan agar setiap timses pasangan calon untuk dapat memberitahukan kegiatan kampanye masing-masing calon yang akan dilaksakan (minimal 7 hari sebelum pelaksanaan), melakukan kampanye simpatik dan tertib, hindari konflik-konflik di lapangan, permasalahan diselesaikan secara hukum serta tetap menjaga Sitkantibmas di Batam yang saat ini sangat kondusif.

Kondisi Batam yang kondusif di Batam ini harus tetap dijaga, untuk itu perlu kerjasama antara pihak kepolisian, timses cawako dan seluruh elemen masyarakat, sehingga Pilwako Batam 2011 dapat berjalan lancar tanpa ada gangguan dari pihak manapun juga.

Polri merupakan pengamanan yang berada di lini terdepan dalam pengamanan Pilwako 2011. Polresta Barelang siap mengamankan Pilwako Batam 2011, selain itu juga di back-up oleh Polda Kepri.

"Diharapkan kerjasama setiap elemen masyarakat untuk sukseskan Pilwako Batam 2011," pungkas Eka.