Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3.040 Peserta Ikuti Tes CPNS di Batam
Oleh : Gabriel P. Sara
Rabu | 26-11-2014 | 15:59 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 3.040 peserta CPNS untuk mengambil formasi 94 orang, yang mengikuti tes di kampus Universitas Putera Batam (UPB) Batam, ditinjau langsung oleh Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Edy Wahyono dan Kepala Badan Kepegawaian Dan Diklat Sahir, Rabu (26/11/2014)

Menurut Dahlan, bagi yang berutung dan lulus nantinya merupakan kualitas terbaik dalam dalam mengikuti tes CPNS ini. Penggunaan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat bagus dan transparan. 
  
"Peserta yang lulus nantinya adalah kualitas yang baik. Sistem CAT ini sangat bagus," kata Dahlan.

Lanjut Dahlan, sebelum menggunakan sistem CAT ini banyak yang menghubunginya untuk menitipkan nomor peserta yang mengikuti tes CPNS. Namun, sekarang dengan sistem CAT ini tidak banyak lagi yang menghubunginya untuk menitip nomor peserta.

"Sebelumnya, banyak sms untuk nitip nomor peserta. Bisa puluhan sms, sekarang tidak lagi," ujar Dahlan.

Kata dia, peminat CPNS untuk Batam sangat tinggi melihat dari ribuan peserta yang berjuang untuk menjadi pegawai negeri di Batam. Dahlan berharap dengan sistem CAT ini menjadi selektif dan objektif.

"Kita mengharapkan seperti ini, selektif dan objek seperti ini. Rakyat sangat banyak. Sungguh di Batam bagus peminat PNS," ujarnya.

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Negara (BKN), Edy Wahyono mengatakan, tes CPNS menggunakan sistem CAT ini memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat. "Siapa pun yang terpilih,  kesempatannya semua sama," katanya.

Dengan sistem ini akan mepermudah tes untuk peserta dan panitia penyelengara CPNS. Kemudian hasilnya transparan bisa dilihat oleh siapapun, tes seperti ini tidak ada campur tangan manusia.

"Tiga ribu lebih peserta bisa  memakan waktu seminggu, tapi di Batam dua hari. Tes ini tidak ada campur tangan manusia, hanya mesin," kata Edy kepada awak media.  

Direktur Pengolahan Data, Iwan, menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan BKN adalah menjaga transparansi, untuk mendaftar dimudahkan, tesnya juga transparan, hasilnya nanti bisa dilihat. Namun, lebih penting adalah pengawasan dari masyarakat yang paling penting. "Menjadi PNS tidak mudah," kata Iwan.

Semntara, salah seorang peserta yang ditemui setelah mengikuti tes, Salifa mengatakan, selama mengikuti tes perasaanya deg-degan, dia juga mengaku hampir buntu saat mengerjakan soal - soal yang ada di dalam komputer tersebut.

"Mau ambil formasi Keperawatan, gugup pas saat ujian. Soalnya sulit dan waktunya juga singkat," kata Salifa usai mengikuti ujian tas CPNS di UPB Batam

Tas CPNS tersebut berlangsung selama dua hari, Rabu sampai Kamis (27/11/2014), pada hari pertama dilakukan ujian sebanyak 10 kelas, masing-masing kelas 45 peserta.

Editor: Dodo