Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ajak Berdemo, Buruh Batam Teriakkan 'Salam Dua Ribu'
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 26-11-2014 | 15:06 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi unjuk rasa ribuan buruh di Kota Batam menolak penetapan Upah Minimum Kota (UMK) sebesar Rp2.685.302 diwarnai hal yang menarik. Buruh meneriakkan "Salam Dua Ribu" sebagai simbol naiknya harga BBM bersubsidi.

Kenaikan harga BBM bersubsidi ini juga dianggap menjadi beban tersendiri bagi kaum buruh. Naiknya upah minimum kota Batam tahun 2015 dinilai juga tak cukup membantu menyejahterakan mereka.

Saat menggelar sweeping di kawasan Sekupang, buruh melalui pengeras suara, juga mengajak warga pendukung maupun pemilih pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres lalu ikut bergabung menyuarakan kenaikan UMK.

"Salam dua ribu buruh. Yang pilih Jokowi kita gelar aksi tolak upah murah karena harga BBM sudah melambung tinggi," teriak salah satu buruh menggunakan pengeras suara Rabu (26/11/2014) di lampu merah industri Sekupang.

Ucapan dari orator itu memancing gelak tawa buruh lainnya. "Kok jadi salam dua ribu pula," seloroh para buruh.

Tak berapa lama usai menggelar orasi, ribuan buruh ini kemudian meninggalkan kawasan Sekupang. Mereka kemudian menuju Simpang Panbil, Mukakuning yang menjadi titik kumpul dalam aksi kali ini.

Editor: Dodo