Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasan Industri Citra Buana III Disweeping, Buruh Pilih Pulang ke Rumah
Oleh : Gokli
Rabu | 26-11-2014 | 14:52 WIB
sweeping_buruh_bc.jpg Honda-Batam
Sejumlah buruh saat menggelar sweeping di kawasan industri Citra Buana III, Batam Centre.

BATAMTODAY.COM, Batam - Belasan buruh menggunakan seragam warepack melakukan aksi sweeping di Kawasan Industri Citra Buana III, Batam Center. Belasan buruh ini mengajak buruh lainnya turun ke jalan melakukan penolakan surat keputusan Gubernur Kepri soal UMK, Rabu (26/11/2014) sekitar pukul 14.00 WIB.

Informasi yang diperoleh, aksi sweeping di Kawasan Citra Industri Buana III, berlangsung sejak pukul 12.00 WIB. Puluhan perusahaan yang ada di kawasan industri itu terpaksa mengeluarkan para pekerjanya untuk melakukan aksi turun ke jalan.

Ratusan buruh yang sudah keluar dari perusahaan dan berkumpul di depan kawasan. Setelah itu, para buruh itu bergerak menuju ke Jalan Engku Putri.

"Kami gak tahu yang sweeping dari serikat pekerja mana. Tapi ada belasan pekerja datang datangi perusahaan mengajak aksi memperjuangkan kenaikan UMK," kata Ayu, salah seorang buruh di Kawasan Industri Citra Buana III.

Ratusan buruh yang diajak ke luar dari perusahaan ternyata tak sepenuhnya ikut melakukan aksi memperjuangkan kenaikan angka UMK. Sebagian buruh memilih untuk pulang ke rumah masing-masing.

"Dari perusahaan kami sudah ada yang mewakili utuk ikut aksi mulai dari pagi. Yang disweeping ini mau pulang ke rumah," ujar Aman, buruh lainnya.

Editor: Dodo