Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Guru Kewalahan Tangani Anak Berkebutuhan Khusus
Oleh : Chaerul Anwar
Rabu | 26-11-2014 | 12:14 WIB
adhd.jpg Honda-Batam
Sekelompok guru saat menangani saat menangani salah seorang anak berkebutuhan khusus penyandang ADHD. (Foto: Roelan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seratusan guru yang mengikuti pelatihan sensori integrasi untuk guru pendidikan khusus dan pelayanan khusus (PK-PLK) mengaku kewalahan menangani anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Ada yang mengaku baru kali ini menangani, kesulitan berkomunikasi dengan anak, kerepotan mengendalikan anak yang hiperaktif, dan sebagainya.

"Memang, baru kali ini kami menangani ini. Saya selama ini belum pernah menangani," ujar salah seorang guru perempuan yang meminta namanya tidak dituliskan, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (26/11/2014).

Ada juga kerepotan mengidentifikasi masalah yang dihadapi anak-anak yang dihadirkan dari SLB Negeri Tanjungpinang itu. "Responnya nggak ada. Juga tak mau ngomong," ujar seorang guru lelaki.

Sementara, sekelompok guru juga terlihat kerepotan mengendalikan seorang anak perempuan penyandang retardasi mental yang tantrum dan menolak untuk diasesmen. "Dia nyari ibunya," ujar guru yang menangani.

Malah ada guru yang harus mengejar-ngejar anak penyandang ADHD yang berlarian di ruangan pelatihan. "Iya, anak ini tak mau diam. Capek juga (menangani anak seperti ini)," ujar guru pria yang berusaha mengejar anak penyandang ADHD tersebut.

Sebanyak 150-an guru PK-PLK se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti pelatihan sensori integrasi selama lima hari sejak Sabtu (22/11/2014). Mereka dibagi dalam 19 kelompok. Masing-masing kelompok yang rata-rata terdiri dari tujuh orang itu diminta untuk menangani satu anak berkebutuhan khusus.

Pelatihan ini menghadirkan dr Tri Gunadi Amd OT SPsi, pakar anak dari Klinik Tumbuh Kembang Anak Yamet Jakarta.

Namun seperti diberitakan sebelumnya, masih banyak guru SLB yang keliru menangani anak berkebutuhan khusus. (*)

Editor: Roelan/Dodo