Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh dari Tanjunguncang Bergerak

Ribuan Buruh dari Batu Ampar Bergabung di Mukakuning
Oleh : Gabriel P. Sara
Rabu | 26-11-2014 | 11:59 WIB
buruh_tanjunguncang_bergerak.jpg Honda-Batam
Ribuan buruh galangan kapal di Tanjunguncang mulai bergerak ke Batam Centre.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar seribu buruh dari berbagai perusahaan di Batu Ampar yang tergabung dalam SPSI, KSBSI dan FSPMI tiba di Simpang Panbil, Rabu (26/11/2014) siang.

Mereka bergabung dengan ribuan buruh lainnya yang telah memadati simpang tersebut sejak pagi tadi. "Kami dari Batu Ampar, akan berkumpul di sini (Simpang Panbil), kami akan terus berjuang untuk UMK ini," ujar salah satu pendemo dari Batu Ampar.

Salah seorang buruh perempuan, Isna, menuturkan angka UMK yang ditetapkan Gubernur Kepri sebesar Rp2.685.302 dinilainya belum cukup menyusul adanya kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Harga BBM naik tentunya berimbas dengan kenaikan harga kebutuhan pokok. Perempuan harus semangat, kita juga haus ikut berjuang, jangan menyerah untuk perjuangkan apa yang menjadi hak kita, jangan kita terus memperkaya negara luar," jelasnya

Berkumpulnya ribuan buruh di Simpang Panbil ini membuat kawasan Mukakuning lumpuh total. Sementara, ratusan personel Polri dan TNI juga disiagakan di kawasan tersebut.

Informasi lainnya, buruh dari Tanjunguncang yang didominasi pekerja galangan kapal juga sudah mulai bergerak. Sekitar 2 ribu buruh berkonvoi melalui jalur Hutan Mata Kucing, melewati Tiban sebelum menuju ke Engku Putri,

Editor: Dodo