Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sekupang Menurun
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 24-11-2014 | 17:13 WIB
ferry_sekupang.jpg Honda-Batam
Penumpang antarpulau melalui PDS alami penurunan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah penumpang kapal melalui Pelabuhan Domestik Sekupang mengalami penurunan. Hal ini disebut sebagai imbas dari kenaikan harga BBM bersubsidi.

Asmadi, penasehat Pelayaran Rakyat (Pelra) Batam mengaku jumlah penumpang sangat menurun, ketika harga BBM bersubsidi dinaikan. Sedikitnya jumlah penumpang yang turun mencapai 40 persen di hari biasa.

"Sejak BBM naik jumlah penumpang yang melalui Pelabuah Domestik Sekupang antarpulau menurun mencapai 40 persen," ujar Asmadi kepada BATAMTODAY.COM, Senin (24/11/2014).

Namun demikian, lanjut Asmadi, beberapa operator yang melayani penjualan tiket belum ada sedikitpun menaikan tarif angkutan laut. Tapi jumlah penumpang sudah turun mencapai 40 persen.

Bayangkan saja, sejak kenaikan BBM, untuk penumpang tujuan Dumai, Selat Panjang, dan Bengkalis yang di hari biasa sebanyak 160 orang, namun kini tujuan tersebut yang biasa dilayani oleh kapal fery Dumai Line sebanyak 80 sampai 90 penumpang.

"Bagaimana kita mau naikin harga tiket, kalau jumlah penumpang setelah kenaikan harga BBM sudah menurun. Tapi mau tidak mau oprator kapal akan menaikan harga tiket dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Asmadi mengaku puluhan operator kapal di Batam sudah melakukan rapat guna menyesuaikan harga BBM. Dari pertemuan yang dilakukan selama dua kali, beberapa operator sudah mengajukan angka kenaikan tarif. 

"Untuk di Pelabuhan Domestik Sekupang wancananya kenaikan tarif penumpang mencapai 30 persen, tapi angka tersebut harus dirapatkan dengan intansi terkait seperti  Dinas Perhubungan Provinsi Kepri," pungkasnya.

Editor: Dodo