Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Warga Batuaji dan Sagulung 'Sumringah' Terima Dana PSKS
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 24-11-2014 | 13:49 WIB
warga psks.jpg Honda-Batam
Antrean warga mengambil dana PSKS di Kantor Pos SP Plaza.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Ribuan warga Batuaji dan Sagulung memadati Kantor Pos setempat. Wajah mereka tampak sumringah lantaran hari menerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Senin (24/11/2014).

Data penerima dana PSKS yang diperoleh BATAMTODAY.COM, sementara baru dari Kecamatan Batuaji. Untuk sementara ini tercacat sebanyak 3.180 jiwa yang berasal dari Kelurahan Bukit Tempayan 366 jiwa, Tembesi 645 jiwa, Buliang 767 jiwa, dan Kibing 1.402 jiwa.

Koordinator lapangan Kantor Pos SP Plaza Edi Martono, menjelaskan besaran dana PSKS yang diterima warga sebesar Rp400 ribu per-KK.

"Dana PSKS sebagai kompensasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ini mulai kami cairkan atau disalurkan hari ini. Warga juga yang berhak mendapatkan adalah warga kurang mampu yang sudah mengantongi kartu perlindungan sosial (KPS) yang diterbitkan pada masa Presiden SBY," kata Edi kepada wartawan saat di temui di Kantor Pos SP Plaza.

Edi juga mengatakan, KPS digunakan untuk mengambil dana bantuan kompensasi tersebut. Jadi, untuk sementara warga yang merupakan rumah tangga sasaran bisa menggunakan kartu KPS yang terdata dalam daftar penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Dia menjelaskan, pendistribusian dana bantuan PSKS ini baru untuk wilayah terdekat dulu, dimulai dari kecamatan Batuaji dan Sagulung.

"Khusus Kecamatan Sagulung dan Batuaji, pembayarannya langsung di Kantor Pos SP Plaza dan lainnya dibagikan di Kantor Pos terdekat," ujarnya.

Ia mengatakan, pencairan dana tersebut mulai hari ini secara bertahap hingga 12 Desember 2014 mendatang ini. "Uang senilai Rp400 ribu yang diterima warga tanpa dipotong, diterima utuh, dibayar tunai dan diambil langsung oleh warga ke loket pembayaran, dan kita hanya juru bayar saja," ujarnya.

‎Surni, warga Bukit Tempayan mengatakan, sangat berterima kasih kepada pemerintah karena masih melihat rakyat miskin ini. Bahkan, dana sebesar Rp 400 ini sangat lumayan untuk membantu keperluan dirumah.

"Dana ini lumayan cukup menbantu kebutuhan rumah tangga kami, tapi saya pribadi sangat berterimakasih membantu masyarakat miskin ini, dan mudah-mudahan terus dianggarkan," ujarnya

Editor: Dodo