Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pingin Salip Penjualan Toyota, VW Bakal Inves 106 Miliar Dolar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-11-2014 | 14:47 WIB

BATAMTODAY.COM, Frankurt - Volkswagen (VW) Group tak ingin Toyota Motor Corp berlama-lama bertahta dalam penjualan global. Pabrikan "mobil rakyat" asal Jerman berhasrat untuk mengembangkan teknologi dan membangun pabrik baru untuk menyalip penjualan automaker asal Jepang itu.

VW dalam rilisnya, Jumat (21/11/2014) kemarin, menyatakan bakal menginvestasikan dana sebesar USD106 miliar selama lima tahun ke depan. Ongkos operasional ditargetkan 17,1 miliar setahun, naik dari 16,8 miliar euro selama lima tahun belakangan.

"Kami akan terus berinvestasi untuk menjadi kelompok otomotif terkemuka, baik secara ekologi dan ekonomi," kata Martin Winterkorn, CEO VW Group, dalam pernyataannya.

"Biaya pengembangan akan tetap tinggi di masa depan sebagai akibat dari tekanan inovasi tinggi dan meningkatnya permintaan pada industri otomotif," jelasnya.

VW sendiri untuk pertama kalinya menargetkan mampu melepas 10 juta unit kendaraan pada tahun ini, empat tahun lebih awal dari yang direncanakan. Produsen mobil Jerman berhasil mempersempit penjualan Toyota secara glonal dengan 72.000 unit kendaraan dalam sembilan bulan pertama 2014 dari 227.000 tahun sebelumnya, seperti General Motors Co turun lagi lagi ke posisi ketiga.

VW akan memperkenalkan lebih dari 100 unit kendaraan baru ataupun hasil perubahan varian pada tahun ini dan tahun depan, termasuk versi baru dari sedan kelas menengah VW Passat, Audi A4 dan lineup SUV kompak Porsche Macan. (*)

Editor: Roelan