Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Tips Simpan Bahan Makanan agar Lebih Tahan Lama
Oleh : Redaksi
Sabtu | 22-11-2014 | 13:01 WIB

BATAMTODAY.COM - Kita seringkali membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk persediaan selama beberapa hari atau seminggu. Tak jarang bahan makanan ini membusuk dalam beberapa hari sehingga harus dibuang. 

Ini disebabkan karena cara penyimpanan yang salah. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi, simak tips dalam menyimpan bahan makanan berikut.

1. Simpan kentang bersama buah apel
Tempatkan kentang dan buah apel dalam wadah yang sama. Ini mencegah tunas kentang tumbuh.

2. Cuci berry dengan cuka
Menurut situs Visualistan, buah-buahan berry bisa disimpan lebih lama jika dibilas dengan cuka. Cuka berfungsi sebagai disinfektan alami yang bisa membunuh bakteri pembusuk.

Siapkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:3. Rendam buah berry dalam larutan tersebut. Kemudian keringkan dengan lap bersih. Dengan begitu buah berry bisa bertahan lebih lama.

3. Olesi keju dengan mentega
Keju tidak boleh disimpan di suhu ruangan karena mudah ditumbuhi jamur. Tetapi bahan makanan ini juga mudah mengering jika disimpan di dalam kulkas. Sebelum memasukkan keju ke lemari es, olesi permukaannya dengan mentega.

4. Simpan tomat dalam keadaan terbalik
Menurut situs Dr. Oz tomat lebih tahan lama jika tidak disimpan di kulkas. Tetapi pastikan meletakkannya dalam keadaan terbalik.

Lingkaran bekas tangkai tomat merupakan jalur masuknya udara. Dengan meletakkannya secara terbalik tomat tidak akan cepat membusuk.

5. Jangan cuci sayuran
Menurut situs Spark People, simpan sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel tanpa dicuci. Masukkan dalam kantong plastik, lalu letakkan di kulkas.

Itulah cara-cara menyimpan bahan makanan yang benar agar tidak cepat busuk.

Sumber: Merdeka.com