Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanud Tanjungpinang Serahkan 79 Barang Antik Selundupan ke Pemko Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Kamis | 20-11-2014 | 20:55 WIB
danlanud dan wako tpi.jpg Honda-Batam
Danlanud Tanjungpinang, Letkol (P) I Ketut Wahyu Wijaya, dan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat penyerahan barang antik. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan TNI AU (Lanud) Tanjungpinang menyerahkan 79 buah barang antik dari Tiongkok tahun 1700 Masehi kepada Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang. Penyerahan barang antik hasil pengamanan aksi penyelundupan itu dilakukan oleh Danlanud Tanjungpinang, Letkol (P) I Ketut Wahyu Wijaya, kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di gedung Dirgantara Lanud Tanjungpinang, Kamis (20/11/2014).

Danlanud Tanjungpinang, Letkol (P) I Ketut Wahyu Wijaya, mengatakan, penyerahan barang antik ini merupakan wujud kepedulian seluruh TNI-AU atas pelestarian benda-benda peninggalan sejarah bangsa Indonesia. "Bukan hanya sebagai aparat TNI, namun juga seluruh warga negara Indonesia wajib melindungi dan melestarikan peninggalan sejarah budaya bangsanya," kata Ketut. 

Dia mengingatkan, dengan diamankannya barang yang hendak diselundupkan itu menunjukkan bahwa wilayah Kepri sejak dahulu kala hingga sekarang masih menjadi jalur favorit perdagangan. "Itulah sebabnya, dari mana asal-muasal barang antik tersebut dibawa masuk ke Tanjungpinang sulit untuk diprediksi," imbuhnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengapresiasi tindakan yang telah dilakukan Lanud Tanjungpinang. Dikatakannya, benda bersejarah erat kaitannya dengan harkat dan martabat bangsa. 

"Sudah seharusnya melestarikan benda peninggalan sejarah menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya TNI saja," ujar Lis. 

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Lanud Tanjungpinang akan menajdi motivasi bagi Pemko Tanjungpinang beserta masyarakat untuk menjaga benda-benda bersejarah tersebut. Oleh karena itu, ia menambahkan, barang tersebut akan dimasukkan ke Museum Kota Tanjungpinang.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (19/11/2014) Lanud Tanjungpinang berhasil mengamankan keramik antik buatan Tiongkok tahun 1700 yang akan diselundupkan dengan menumpang pesawat TNI-AU. Setelah diperiksa, barang tersebut langsung diamankan di markas Lanud Tanjungpinang. 

Tak menunggu lama, sehari setelah diamankan barang tersebut langsung diserahkan kepada negara melalui Pemko Tanjungpinang. (*)

Editor: Roelan