Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penetapan UMK Batam Alot, Puluhan Buruh Jaga Ruang Rapat Pembahasan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 19-11-2014 | 17:44 WIB
buruh jaga.jpg Honda-Batam
Puluhan buruh yang berjaga di depan ruang rapat. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Massa perwakilan buruh yang melakukan aksi demo di depan kantor Gubernur Kepri untuk mengawal pembahasan UMK Batam, Rabu (18/11/2014), mulai masuk dan melakukan penjagaan di depan ruang rapat di lantai III. Sementara hingga pukul 15.13 WIB, rapat pembahasan UMK Batam belum juga dimulai.

Sejumlah anggota Dewan Pengupahan Provinsi Kepri yang terdiri dari perwakilan serikat buruh, perwakilan pengusaha, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja kabupaten/kota sempat duduk-duduk menunggu Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri Kepri, Tagor Naipitupulu, memasuki ruang rapat. 

Selang ima menit, Tagor Napitupulu, kembali masuk ke dalam ruang rapat dan memulai kembali rapat pembahasan UMK kabupaten/kota. "Rapat lanjutan dapat kita mulai untuk membahas penetapan UMK Batam," ujar Tagor. 

Tagor juga meminta sejumlah pihak, termasuk wartawan, untuk keluar dari ruangan rapat dengan alasan rapat dilaksanakan secara tertutup. "Kami minta maaf karena rapat kita lakukan secara tertutup. Kami minta yang bukan anggota Dewan Pengupahan agar dapat meninggalkan ruangan," katanya.

Tagor mengaku telah melakukan pembahasan penetapan UMK untuk enam kabupaten/kota selain Batam. Mengenai angka, Tagor menyebutkan ditetapkan sesuai dengan rekomendasi bupati dan wali kota. "Saat ini, kita tinggal melakukan pembahasan UMK Batam," ujarnya singkat

Hingga pukul 15.24 WIB, rapat penetapan UMK Batam masih terus berlangsung. Sementara puluhan buruh terlihat duduk dan berkerumun di depan ruang rapat. (*)

Editor: Roelan