Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo Rusuh Bubar, Buruh Diimbau Jaga Bintan Tetap Kondusif
Oleh : Harjo
Selasa | 18-11-2014 | 18:01 WIB
buruh_dbintan_demo_polisi.jpg Honda-Batam
Aksi unjuk rasa buruh di Bintan. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Wakapolres Bintan, Komisaris Polisi Suka Irawanto, mengimbau agar semua pihak menjaga kondisi Bintan agar tetap aman dan kondusif pasca aksi rusuh demo buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Jalan BCI Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Selasa (18/11/2014) sore.

"Memang kita menyayangkan sikap pengunjuk rasa yang memaksa untuk melakukan sweeping ke dalam kawasan, selanjutnya hendak menerobos penjagaan polisi mengunakan mobil dan pelemparan batu kepada aparat kepolisian," kata Suka kepada BATAMTODAY.COM usai membubarkan unjuk rasa yang digelar buruh di pintu masuk objek vital nasional KIB Lobam.

"Seharusnya itu tidak terjadi. Kalau memang kedua belah pihak melakukan koordinasi dan pengunjuk rasa menghormati norma yang ada. Namun dengan sudah berakhirnya unjuk rasa hari ini, sesuai dengan surat pemberitahuan yang disampaikan, maka sangat diharapkan agar buruh tetap menjaga keamanan dan ketertiban Bintan agar semakin kondusif," harapnya.

Dia menambahkan, masyarakat juga sudah bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya dan tidak perlu ada kekhawatiran atau ada gangguan apapun dari kegiatan pengunjuk rasa.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bintan, Khazalik, yang menemui 10 perwakilan pengunjuk rasa di kantor Camat Serikuala Lobam, berjanji akan menyampaikan semua tuntutan perwakilan buruh terkait usulan angka UMK Bintan 2015 kepada Bupati Bintan. (*)

Editor: Roelan