Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diguyur Hujan Lebat, Ribuan Buruh Nekat Bergerak ke Kantor Wali Kota Batam
Oleh : Gabriel P Sara
Selasa | 18-11-2014 | 09:54 WIB
buruh-tanjunguncang2.jpg Honda-Batam
Para buruh bergerak menuju kantor Wali Kota Batam. (Foto: Gabriel P Sara/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh dari wilayah Tanjunguncang, Batuaji, sudah mulai bergerak menuju Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre, Selasa (18/11/2O14) pagi sekitar pukul 08.45 WIB. Meski diguyur hujan lebat, para buruh tetap nekat untuk melanjutkan aksi menolak usulan upah minimum (UMK) dari wali kota ke gubernur.

Para buruh yang jumlahnya mulai mencapai ribuan itu dikawal ketat oleh anggota polisi. Selama perjalanan menuju kantor wali kota, mereka juga melakukan sweeping ke sejumlah perusahaan di wilayah itu untuk mengajak buruh lainnya melakukan aksi unjuk rasa.

Sepanjang Jalan Brigjen Katamso, Batuaji, terpantau mulai dipenuhi oleh buruh yang mengendarai sepeda motor. Belasan anggota Polsek Bajuaji dan dibantu oleh Tim Inafis Polresta Barelang juga bersiaga menjaga di setiap persimpangan yang dilalui buruh.

Joko, salah satu buruh, mengatakan, hujan deras tidak akan membuat mereka menyerah. Dia menyatakan, kawan-kawannya sudah bulat untuk tetap menyuarakan tuntutannya. "Semua sudah berkumpul. Hujan pun kami tetap melakukan demo. Sekarang semua pendemo akan bergerak menujuh ke kantor wali kota," ujarnya dengan seragam serikat yang sudah basah kuyup.

Sementara itu, Dedy, buruh lainnya, mengatakan, para buruh berkumpul di Panbil, Mukakuning, untuk menunggu rekan-rekan buruh lainnya. Setelah semua berkumpul, selanjutnya akan menuju ke kantor Wali Kota Batam. "Dari sini kita ke Panbil dulu untuk sweeping ke sana. Setelah itu baru menuju ke kantor wali kota," terangnya.

Sampai pukul 09.00 WIB, ribuan buruh tersebut mulai bergerak menuju Mukakuning dan dikawal ketat oleh anggota kepolisian. (*)

Editor: Roelan