Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh Mulai Penuhi Badan Jalan di Tanjunguncang
Oleh : Gabriel P Sara
Selasa | 18-11-2014 | 08:38 WIB
buruh_batam.jpg Honda-Batam
Jalanan di Tanjunguncang mulai dipenuhi buruh sejak Selasa pagi. (Foto: Gabriel P Sara/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh yang bekerja di perusahan sekitar Tanjunguncang, Batuaji, pada Selasa (18/11/2014) pagi, terpantau sudah mulai berkumpul di beberapa persimpangan yang ada di wilayah itu. Mereka berencana menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak usulan upah minimum kota (UMK) yang diusulkan Wali Kota Batam ke Gubernur Kepulauan Riau (Kepri).

Pantauan BATAMTODAY.COM, ratusan buruh mulai memadati badan jalan baik jalur kiri maupun jalur kanan. Setiap persimpangan nyaris terisi oleh ratusan buruh yang datang dari berbagai perusahaan.

Seperti di simpang yang berada di depan Mall Fanindo Batuaji, ratusan buruh sudah berkumpul. Tampaknya mereka menunggu rekan-rekan yang lain untuk melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Wali Kota Batam.

Agung, salah satu buruh mengatakan, mereka akan melakukan sweeping ke setiap perusahan-perusahan yang ada di daerah Tanjunguncang untuk mengajak rekan-rekan lain untuk melakukan unjuk rasa menolak UMK usulan wali kota.

"Semua berkumpul, tanpa terkecuali. Pagi ini kita akan sweeping ke setiap perusahaan. Semua harus ikut demo, semua harus serbu kantor wali kota," ujarnya.

Anto, buruh lainnya, juga mengatakan hal senada. Menurutnya, apapun yang terjadi hari ini harus turun melakukan aksi ke kantor wali kota. "Semalam saja BBM sudah naik. Kalau gaji segini, mana cukup. Kami semua akan turun hari ini, tanpa terkecuali. Pagi ini kita akan melakuka sweeping terlebih dahulu," ujarnya.

Hingga sekitar pukul 08.00 WIB, dari simpang Bascamp Batuaji sampai jalan ujung Tanjunguncang dipadati oleh buruh yang akan melakukan aksi. Sementara terliahat juga anggota kepolisian bersiaga di setiap persimpangan untuk memantau dan mengatur agar tidak terjadi kemacetan. (*)

Editor: Roelan