Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Sore, Ribuan Buruh Masih Bertahan di Depan Kantor Wali Kota Batam
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 14-11-2014 | 16:35 WIB
unnamed_(1).jpg Honda-Batam
Demo buruh di depan Kantor Wali Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga sore menjelang, ribuan buruh yang menuntut Wali Kota Batam mengubah angka UMK tahun 2015 masih bertahan di kawasan Engku Putri, Batam Centre, Jumat (14/11/2014).

Jarum jam sudah menunjukkan pukul 16.20 WIB, namun ribuan buruh tersebut masih bertahan. Mereka masih menyuarakan tuntutan agar wali kota menaikkan angka UMK Batam tahun 2015 yang telah diputuskan sebelumnya Rp2.664.302.

Terlihat, para buruh masih semangat. Sekali-sekali mereka dihibur dengan alunan musik dangdut. Lalu orator melanjutkan orasinya secara bergantian. Sedangkan petugas Kepolisian juga masih berjaga-jaga mengawal jalannya aksi demo.

"Kita menuntut Wali Kota memperhatikan nasib buruh. Berharap Wali Kota menambah upah buruh," kata orator.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan saat menemui demo buruh tetap bertahan dengan angka UMK Rp2.664.302. Hal itu membuat ribuan buruh kecewa.

Pada pukul 14.00 WIB, Dahlan menemui buruh didampingi unsur Muspida dengan pengawalan yang ketat anggota Kepolisian. Di atas mobil penerangan Dalmas, ia mengatakan bahwa keputusan angka UMK telah mempertimbangkan semua hal.

"Penetapan UMK setelah mempertimbangkan semua hal, keadaan para pekerja, keadaan Batam dan sekitarnya. Kondisi usaha, maka sudah kami putuskan angka usulan ke Gubernur," kata Dahlan, Jumat siang.

Editor: Dodo