Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Obat Maag yang Alami
Oleh : Redaksi
Kamis | 13-11-2014 | 11:42 WIB
sakit_perut.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Maag adalah penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan. Istilah medis untuk menyebut maag adalah gastritis atau radang lambung yang umumnya disebabkan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Penyebab penyakit maag lainnya adalah faktor non-infeksi seperti zat asing yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman.

Maag bisa menyebabkan sakit perut. Oleh karena itu, penderita maag membutuhkan berbagai penyesuaian gaya hidup untuk mencegah sakit perut terulang kembali. Nah, berikut ini adalah obat maag yang alami, terutama untuk mencegah sakit perut yang mendera.

Mengatur pola makan 
Mengatur pola makan adalah obat maag yang alami. Caranya, makan lebih teratur dan lebih sering dengan porsi yang dibatasi. Hal ini dapat membantu mencegah peningkatan asam dalam perut yang biasanya menyebabkan sakit perut.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari melewati jam makan dan jangan makan berlebihan. Hindari juga makanan berlemak, makanan pedas, minuman bersoda, kafein, dan alkohol. Selain itu, kunyah makanan secara pelan agar bisa dicerna lebih baik. 

Mengurangi stres 
Cara lain yang bisa digunakan sebagai obat maag yang alami adalah mengurangi stres. Oleh karena itu, memahami penyebab stres sangat penting supaya Anda bisa mengontrolnya. Jadi, bila Anda ingin sembuh dari maag, perbanyaklah waktu di mana Anda bisa rileks. Misalnya, melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan. 

Berolahraga
Tidak banyak yang tahu bahwa sakit perut karena maag bisa diobati dengan memperbanyak aktivitas fisik seperti olahraga.

Mulailah dengan olahraga ringan lalu perlahan-lahan tingkatkan intensitasnya menjadi satu jam sehari dalam seminggu. Tunggu beberapa waktu setelah Anda setelah makan bila ingin berolahraga. 

Selain dari perubahan gaya hidup, obat alami untuk maag adalah obat-obatan herbal dan pengobatan alternatif seperti berikut ini: 

1. Konsumsi suplemen herbal yang mengandung peppermint atau minyak jintan.
2. Hipnosis dengan bantuan terapis di mana penderita maag diminta berkonsentrasi untuk meredakan gejala sakit perut.
3. Teknik relaksasi untuk membuat tubuh lebih santai saat timbul gejala sakit perut. Misalnya, melakukan meditasi atau yoga.

Bila Anda memilih pengobatan alternatif untuk mengobati sakit perut akibat maag, Anda sebaiknya mengonsultasikan hal ini kepada dokter Anda terlebih dahulu. 

Sumber: meetdoctor.com