Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Harus Hargai Buruh
Oleh : Harjo
Kamis | 13-11-2014 | 08:48 WIB
T.-Sianturi-.gif Honda-Batam
Penasehat Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Bintan, Timbul Santuri.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pemerintah Kabupaten (Pemkb) Bintan dinilai harus membuat terobosan baru dengan memberikan penghargaan kepada para pekerja di Bintan. Mengingat, keberadaan pekerja atau buruh yang ada di Bintan, lebih dari 50 ribu pekerja, baik di  sektor formal maupun nonformal.

Penasehat Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Bintan, Timbul Santuri mengatakan bahwa ada puluhan ribu pekerja di Bintan saat ini. Memang tidak bisa dianggap remeh, mengingat keberadaannya, baik langsung atau tidak langsung, sudah memberikan dampak positif terhadap pendapatan asli daerah Bintan.

"Keberadaan pekerja atau buruh, jelas sejalan dengan keberadaan perusahaan yang selama ini telah membayar pajak, serta menjadikannya sebagai salahsatu PAD. Sehingga hal tersebut sudah sewajarnya di berikan sebuah penghargaan. Mengingat sebelumnya awak transportasi pun sudah diberikan penghargaan oleh pemerintah," kata Sianturi, belum lama ini.

Menurut mantan anggota DPRD Bintan priode 2004-2009 ini, di Bintan banyak sekali pekerja yang memiliki pretasi seperti dikawasan industri, pariwisata dan sektor lainnya. Upaya pemberian penghargaan kepada karyawan atau pekerja, pemerintah bisa bekerjasama dengan perusahaan, dengan melihat kehadiran, kualitas kerja hingga prestasi yang meraka dapat.

"Kita tidak bicara berbentuk apa penghargaan, tetapi penghargaan sangat penting. Karena hal itu juga sebuah bentuk kepedulian dari pemerintah terhadap para pekerja. Kalau dari perusahaan jelas penghargaan selalu ada dan dengan berbagai bentuk yang diberikan. Hal tersebut jelas untuk memotivasi semangat pekerja dalam menjalankan aktivitasnya," imbuhnya.

Editor: Dodo