Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terhalang Kabel dan Tiang Listrik, Proyek JPO Dishub Kepri Terancam Mangkrak
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 11-11-2014 | 16:33 WIB
proyek_jpo_pinang.jpg Honda-Batam
Tiang pancang yang baru terpasang dalam proyek pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Dishub Kepri di Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati sudah di akhir masa pelaksanaan pekerjaan November 2014, proyek Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Dinas Perhubungan Provinsi Kepri yang menelan dana Rp2,099 miliar, di Jalan DI Panjaitan Km VII Tanjungpinang tak kunjung rampung. 

Pantauan, BATAMTODAY.COM di lokasi, pelaksanaan pembangunan JPO yang dikerjakan kontraktor PT Hasea Gandatama, dengan konsultan pengawas CV Skala Multi Rekayasa Konsultan ini, baru menyelesaikan pemasangan tiang tapak dan 6 tiang penyangga tangga. 

Sementara di sebelah kanan tiang jembatan, empat tiang JPO yang sudah berdiri dan terpasang terlihat terhalang kabel dan tiang listrik serta tiang telepon yang terjuntai dan berdiri persis di sebelah tiang JPO. 

Salah seorang warga, Acai kepada BATAMTODAY.COM, mengatakan pemasangan terakhir tiang JPO dilakukan kontraktor pada tengah malam, Minggu lalu. "Kemarin masangnya hingga malam, sampai kami nggak bisa tidur karena bising bunyi crane saat memasang dan menegaskan tiang itu," ujar Acai, Selasa(11/11/2014). 

Sementara saat ini, aktivitas pelaksanaan pekerjaan, terlihat sedang tidak ada lagi di lokasi proyek. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis SE mengatakan tetap optimis pelaksanaan Proyek JPO selesai tepat waktu pada November 2014. Saat ini kata Muramis, seluruh peralatan berupa besi baja penyangga dan tiang JPO, sudah dikerjakan di Jakarta, dan tinggal mengangkut material tersebut menggunakan kapal ke Tanjungpinang. 

"Kita tetap optimis dapat selesai hingga akhir November 2014 sesuai dengan masa kontrak kerja pelaksanaan. Mengenai progress hingga saat ini, saya lupa," kata Muramis. 

Sesuai dengan plang proyek Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, dalam pembangunan prasarana Lalulintas dan Angkutan Jalan, proyek JPO di Jalan DI.Panjaitan Km VII Tanjungpinang dikerjakan oleh PT Hasea Gandatama, dengan masa pekerjaan 150 hari dan alokasi dana Rp2,099 miliar. Kontrak Pekerjaan nomor 29/HUB/SP/2014 ini ditandatangani pada Juli 2014. 

Editor: Dodo