Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Batam Anggarkan Rp90 Juta untuk Makamkan Mayat Tak Dikenal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 11-11-2014 | 12:49 WIB
raja_kamarulzaman_baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Raja Kamarulzaman.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Sosial Kota Batam menganggarkan Rp90 juta per tahun untuk membiayai pemakaman mayat-mayat yang tak dikenal atau tak diketahui identitasnya. 

"Anggaran pemakaman per tahunnya dari APBD Kota Batam sebanyak Rp90 juta untuk melayani mayat tanpa identitas atau tanpa keluarga," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Raja Kamarulzaman, belum lama ini.

Kamarulzaman menjelaskan anggaran pemakaman untuk mayat tanpa identitas itu satu orangnya dianggarkan Rp3 juta. Dari proses rumah sakit hingga pemakaman ditanggung oleh pemerintah, melalui Dinsos.

Namun demikian artinya dalam satu tahun, Dinsos memiliki anggaran pemakaman untuk 30 orang mayat yang dinyatakan tidak memiliki identitas.

"Dua rumah sakit itu RSUD Batuaji dan RSBP Kawasan, Sekupang yang selalu berkordinasi dengan Dinsos Batam untuk biaya pemakaman," ujarnya.

Kamarulzaman menjelaskan dana Rp90 juta untuk mayat tak dikenal ituu juga berlaku kepada masyarakat yang terlantar dan tidak memiliki keluarga saat ditemukan tewas. Anggaran sebesar itu dinilainya mencukupi.

"Di 2014 ini, anggaran itu baru kita gunakan untuk pemakaman 18 jasad yang tak diketahui identitasnya. Artinya masih ada dana Rp21 juta yang tersisa, tetapi apabila anggaran masih ada kita akan melaporkan," pungkasnya

Seperti diketahui, penemuan mayat tanpa identitas tergolong tinggi. Mayat-mayat tanpa identitas itu biasanya, akan di bawa ke kKmar Jenazah RSBP Kawasan Sekupang, atau RSUD Embung Fatimah, untuk dilakukan visum oleh pihak kepolisian.

Namun, jika hingga tiga atau lima hari belum juga ada ahli warsi yang mengurusnya mana pihak rumah sakit berkordinasi dengan kepolisian menguburkan mayat tersebut di Tempat Pemakaman Umum Temiang.

Editor: Dodo