Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bapedalda Batam Pastikan Limbah Pertamina yang Dibuang di TPA Punggur Murni Sampah
Oleh : Hadli
Senin | 10-11-2014 | 11:38 WIB
limbah_pertamina.jpg Honda-Batam
Limbah B3 jenis oil sludge dan tanah yang telah terkontaminasi masih berada di kawasan Pertamina Sambu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Bapedalda Kota Batam, Dendi Purnomo, memastikan limbah Pertamina Pulau Sambu yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Telaga Punggur, bukan limbah B3 seperti yang disangkakan sebanyak 5.000 ton. 

Menurutnya, limbah dari kawasan Pertamina Sambu, Kecamatan Belakangpadang, tersebut merupakan limbah yang tidak mengandung berbahan berbahaya dan beracun (B3) sehingga patut dibuang ke TPA, sesuai hasil kesepakatan bersama dalam rapat yang yang dihadiri DKP, Bapedal, Bea Cukai, Syahbandar, Pertamina, Kepolisian. 

"Sampah tersebut dari Pertamina Sambu. Masalah pembuangan sampah campuran ke TPA Punggur sudah dikoordinasikan dua minggu yang lalu. Tadinya mau di-dumping di Sambu, tapi kita larang dan harus dibuang ke TPA Punggur karena di Sambu tidak ada TPA," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Batam, belum lama ini.

Ia tidak membantah, limbah yang dibuang ke TPA tidak hanya limbah rumah tangga, namun juga ada sampah spesifik, sampah campuran domestik, besi, plastik, sisa bakar, lumpur, bongkahan bangunan dan kayu. 

"Kalau jenis limbah B3 jenis oil sludge udah ditangani secara terpisah. Oli ditangani tersendiri pembuangannya menggunakan jumbo bag termasuk tanah terkontaminasi sudah kita kelompokan ke dalam limbah B3," jelasnya. 

Dendi juga mengaku sudah mengecek ke lokasi. Dan lmbah B3 jenis oil sludge yang berada di Pertamina Sambu, katanya, masih dalam persiapan untuk pengiriman. 

Lebih jauh disampaikan, mengenai jumlah keseluruhan limbah terkontaminasi limbah B3, jenis oil sludge dan limbah campuran yang dihasilkan dari lokasi Pertamina Sambu. Namun, belum diketahui siapa yang menangani apakah PT Aneka Pratama selaku importir. 

"Tanah terkontaminasi kurang lebih 2.400 jumbo bag, sludge oil 4.378 jumbo bag, sampah ke TPA Telaga Punggur 2.500 kubik. Yang menangani limbah B3 saya tak tau siapa, coba tanyakan ke pihak Pertamina Sambu," katanya. 

Hingga berita ini diunggah, otoritas terkait di Pertamina Sambu belum berhasil dikonfirmasi. 

Sementara, dari pantauan BATAMTODAY.COM di Dermaga Pelabuhan CPO Kabil atau Pelabuhan Pertamina Tongkang, terlihat limbah B3 jenis oil sludge mengotori lapangan. 

Limbah-limbah tersebut mengalir dari puluhan bak dump truck yang mengangkut sampah setelah dituangkan menggunakan alat berat berupa bekho. Diduga limbah B3 dan sampah yang dihasilkan Pertamina Sambu dicampuradukkan tanpa diketahui instansi terkait akibat kurangnya pengawasan. 

Editor: Dodo