Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sampah Berserak, Warga Belian Butuh Bin Container
Oleh : Hadli
Jum'at | 07-11-2014 | 19:22 WIB
sampah yg berserak di batam.jpg Honda-Batam
Sampah yang besertak di Perumahan Odesa, Kelurahan Belian, yang menimbulkan bau tidak sedap. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Batam Center, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, berharap satu dari 67 unit bin container yang disebar di sembilan kecamatan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, bisa ditempatkan di sekitar SMAN 3 Batam. Diharapkan, tidak adanya lagi tumpukan sampah rumahan yang dibuang masyarakat di sekitar pinggir jalan depan Perumahan Odesa yang menimbulkan bau tidak sedap. 

"Sampah-sampah ini dibuang oleh masyarakat sekitar karena tidak adanya tempat penampungan sampah sementara," kata Ujang, warga sekitar kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (7/11/2014). 

Dia mengatakan, tanpa disadari warga, lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah di pinggir jalan tersebut juga menyebabkan pemandangan tak sedap. Karena sampah-sampah rumah tangga tersebut berhamburan hingga sepanjang 10 meter. 

Karena itu, dengan ditempatkan bin container di sekitar lokasi, tidak ada lagi warga yang membuang sampah secara sembarangan. 

Pantauan di lokasi, sampah-sampah rumahan tersebut terlihat berserak. Warga pun yang membuang sampah asal melempar saja. Bahkan rata-rata warga yang membuang sampah di lokasi ini tidak menghentikan kendaraannya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam menyebar 67 bin container di sembilan kecamatan untuk memudahkan warga dalam membuang sampah.

"Masing-masing kecamatan jumlah bin kontainernya berbeda, tergantung kebutuhan," kata Yudi Atmaja, Kepala Bidang Kebersihan DKP Batam, Jumat (7/11/2014).

Dia merinci untuk Kecamatan Batam Kota ditempatkan 8 unit bin kontainer, Batuaji 10 unit, Sagulung 20 unit, Sekupang 18 unit, Seibeduk 3 unit, Bengkong 2 unit, Batuampar 3 unit, Nongsa 2 unit dan Lubukbaja 1 unit.

Penempatan bin container ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya. Yudi mencontohkan, di sejumlah titik di kawasan Tiban, masih banyak ditemukan tumpukan sampah yang dibuang warga di badan jalan.

"Mari kita buang sampah di tempatnya untuk mewujudkan Batam yang bersih, hijau, indah dan nyaman," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan