Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Azwardi Terpilih Sebagai Ketua KPID Kepri
Oleh : Harjo
Jum'at | 07-11-2014 | 17:08 WIB
Bang azwardi (kiri)  terpilih sbg ketua KPID Kepri melalui rapat pleno.jpg Honda-Batam
Azwardi (kiri) terpilih sbg ketua KPID Kepri melalui rapat pleno. (Foto: ist)

BATAMTODAYMCOM, Tanjunguban - Azwardi akhirnya terpilih sebagai Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2014-2017. Mantan pewarta itu berhasil mengantongi lima suara komisioner dari tujuh suara yang berhak menyalurkan hak pilih pada rapat pleno KPID Kepri yang dilaksanakan di Sekretariat KPID Kepri, Jalan Pramuka, Seiharapan, Batam, Kamis (6/11/2014) kemarin.

Sementara itu Suyono dan Hamdani, masing-masing terpilih sebagai Wakil Ketua KPID Kepri dan Koordinator Bidang Hukum dan Perizinan setelah mengantongi suara terbanyak. "Alhamdulillah, pemilihan unsur pimpinan berjalan sangat sangat demokratis dan saya rasa baru kali ini terjadi selama terbentuknya KPID Kepri," kata Azwardi, kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjunguban, Jumat (7/11/2014).

Azwardi menuturkan, saat pemilihan Ketua KPID Kepri, ada tiga calon yang muncul. Masing-masing atas nama Sahat Saragih, Azwardi dan Ahmadi. Namun di detik terakhir, Sahat Saragih yang pernah menjabat sebagai Kepala Balai Monitoring Frekwensi dan Orbit Satelit Provinsi Jambi ini menyatakan mengundurkan diri dengan alasan menyerahkan unsur pimpinan kepada komisioner-komisioner muda yang tentunya lebih agresif dan punya semangat tinggi.

Sementara saat pemilihan jabatan wakil ketua terdapat tiga nama, masing-masing atas nama Suyono, Hamdani dan Ahmadi, yang kembali maju setelah gagal meraih kursi ketua. Saat pemilihan yang dilakukan melalui voting atau one man one vote sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran dan Peraturan KPI Nomor 01 Tahun 2014 tentang Kelembagaan, akhirnya Suyono terpilih sebagai wakil ketua setelah mengumpulkan tiga suara.

"Untuk unsur koordinator bidang dan anggota bidang, setelah melalui voting akhirnya Hamdani terpilih sebagai Koordinator Bidang Hukum dan Perizinan dengan anggotanya Sahat Saragih," terangnya.

Sedangkan untuk Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran dipercayakan kepada Muhith yang pernah menjabat sebagai Ketua Forum Rektor di Provinsi Kepri dan anggotanya Suyono. "Wakil Ketua itu ex officio dengan salah satu bidang. Tapi hanya menjabat sebagai anggota," tambahnya.

Terakhir, untuk posisi Koordinator Bidang Kelembagaan dipercayakan kepada James Papilaya, mantan Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepri yang juga advokat di Kota Tanjungpinang. Sementara anggotanya adalah Ahmadi yang pernah menjadi penyiar di RRI Kota Batam. 

Dikatakan Azwardi, saat pemilihan unsur pimpinan KPID Kepri juga langsung dihadiri oleh Sekretaris KPID Kepri Muharlis dan seluruh kepala sub bagian (Kasubag) yang ada di KPID Kepri. (*)

Editor: Roelan