Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

98 Guru Ikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka di Bintan Utara
Oleh : Harjo
Jum'at | 07-11-2014 | 16:33 WIB
karnaval kursus mahir dasar Pramuka di Tanjunguban.jpg Honda-Batam
Karnaval untuk memeriahkan kursus mahir dasar Pramuka di Tanjunguban (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebanyak 98 guru dari berbagai sekolah di Bintan Utara dan Serikuala Lobam, Kabupaten Bintan, mengikuti kegiatan kursus mahir dasar (KMD) Pramuka selama 10 hari. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh karnaval Pramuka yang diikuti ribuan peserta, Jumat (7/11/2014).

Ketua panitia KMD Pramuka Bintan, Sudaromi, menyampaikan, program KMD ini sebagai bentuk implementasi Kurikulum 2013 dan termasuk sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah. "Jadi, para pembina Pramuka harus benar-benar memahami masalah Pramuka. Maka, melalui KMD ini sekaligus untuk memberikan pendidikan kepada para pembinanya," kata Sudaromi.

Dia menjelaskan, kegiatan KMD disatukan dengan karnaval yang merupakan salah satu pendidikan dalam KMD. "Yaitu bagaimana peserta KMD menangani karnaval itu sendiri," paparnya. 

Sementara itu ribuan peserta karnaval yang menampilkan beragam busana sebagai bentuk kebhinekaan, baik pakaian seragam Pramuka dan busana dengan kreasi sendiri. Karnaval itu diikuti anggota Pramuka dari  SD, SMP, dan SLTA yang dipusatkan di Gedung Nasional Tanjunguban. (*)

Editor: Roelan