Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dilepas Hari Ini, 230 Peserta dari 40 Negara Ramaikan Explore Kepri Tour de Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 07-11-2014 | 15:19 WIB
peserta_tour_de_bintan_2014.jpg Honda-Batam
Peserta Tour de Bintan saat melintas di Tepi Laut Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 230 peserta dari 40 negara memeriahkan Bintan de Tour. Ajang bergengsi yang bertema "Explore Kepri Tour de Bintan" itu dilepas Bupati Bintan, Ansar Ahmad; Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul; dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti, di depan Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (7/11/2014). 

Pelepasan Explore Kepri Tour de Bintan disejalankan dengan penampilan perdana Jember Fashion Carnaval (JFC) dan marching band pimpinan presiden Dhinan Fariz di Tepi Laut.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad, mengatakan, explore Kepri Tour de Bintan ini merupakan kegiatan eksibisi bagi 110 peserta dari 40 Negara di Bintan, termasuk lima peserta tim negara tambahan dunia lainya seperti Australia, Hongkong, Singapura, serta tim dari Eropa.

"Eksibisi Tour de Bintan atau Explore Kepri ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Tanjungpinang, khusus pada kriteria special class sebanayak 360 orang dalam satu hari yang selanjutnya pelaksanaan racing Tour de Bintan akan dilanjutkan di Bintan selama tiga hari," ujar Ansar. 

Menurutnya, ajang ini dilaksanakan sebagai upaya kerja sama antarkabupaten dan kota dalam menggairahkan pariwisata di Kepri di bawah koordinasi Dinas Parewisata Kepri. Dengan dilaksanakankanya kegiatan ini pemerintah akan melakukan evaluasi. Jika ajang ini lebih baik, tidak menutup kemungkinan seluruh peserta juga menjelajah ke daerah lainya di Kepri. 

"Tour de Bintan kita laksanakan secara rutin dan dinamis dan ke depan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai dari Johor dua hari, Singapura dua hari, Batam dua hari dan Bintan tiga hari. Kalau bagus juga bisa kita kembangkan dan lanjutkan ke Karimun, Natuna dan Anambas, dengan durasi waktu pelaksanaan mencapai hingga dua bulan," papar Ansar.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, menyambut baik kegiatan yang juga digelar di Tanjungpinang ini. Dalam kegiatan ini, Tanjungpinang akan mendapat manfaat atas ramainya peserta dan hadirnya ratusan turis Lagoi ke Tanjungpinang. 

Dia juga sepakat dengan rencana Ansar yang akan mengembangkan City Tourism dari Lagoi ke Tanjungpinang, khusunya dalam wisata kuliner dan wisata sejarah. (*)

Editor: Roelan