Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Targetkan Tiga Tahun Lagi Indonesia Jadi Produsen Kakao Terbesar di Dunia
Oleh : Redaksi
Kamis | 06-11-2014 | 17:02 WIB
petani-kakao.jpg Honda-Batam
Petani kakao. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Saletto - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menargetkan Indonesia menjadi produsen kakao terbesar di dunia. Untuk mendukung target tersebut, pemerintah akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk merehabilitasi dan memperbaiki kebun kakao di seluruh Indonesia.

"Tiga sampai empat tahun ini kebutuhannya Rp1,2 triliun. Peremajaan dan rehabilitasi (kebun), dimulai tahun depan ini," kata Jokowi  saat berdialog dengan para petani kakao di Saletto, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (6/11/2014).

Jokowi  juga meminta agar Menteri Agraria dan Tata Ruang segera membenahi sertifikasi perkebunan rakyat tersebut. Presiden juga akan memanggil kalangan perbankan agar ikut serta dalam pembiayaan kredit bagi perkebunan Kakao.

Presiden berjanji akan mendorong industri kakao berinvestasi di pusat-pusat porduksi agar memberikan nilai tambah. Dia menargetkan, dalam tiga tahun ini Indonesia dapat menjadi produsen Kakao terbesar.

"Kita harapakan dalam tiga tahun bisa nomor satu di atas Pantai Gading dan Ghana. Petani juga harus kerja keras," kata Presiden seperti dilansir dari laman Sekretaris Kabinet. (*)

Editor: Roelan