Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DKP Batam Angkuti Sampah di Enam Kecamatan Mulai Desember
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 05-11-2014 | 15:46 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam diklaim berhasil menangani sampah di Kecamatan Batuaji, Sagulung, dan Sekupang. Mulai Desember, "wilayah kerja DKP Batam bertambah tiga kecamatan lagi, yakni Batam kota, Nongsa, dan Seibeduk.

"Desember kita sudah mulai mengakut sampah di tiga kecamatan lainnya, yaitu Batam Kota, Nongsa dan Seibeduk, tapi tanggalnya kita belum tentukan," ujar Yudi Admaji, Kabid Kebersihan DKP Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (05/11/2014).

Sementara, rekanan DKP yakni PT Royal Gensa Asih, masih memiliki tanggung jawab untuk mengangkut sampah di tiga wilayah meliputi Batuampar, Bengkong dan Lubukbaja.

"Mereka masih bertanggung jawap untuk menangani tiga kecamatan yaitu Batuampar, Bengkong dan Lubukbaja. Sementara DKP mulai Desember meng-handle enam kecamatan yakni Sagulung, Batuaji, Sekupang, Nongsa, Batam Kota, dan Seibeduk," jelasnya.

Pengambilalihan pengangkutan sampah di tiga kecamatan tersebut karena sudah ditentukan pemenang tender pengadaan bin container sebanyak 49 unit yang dimenangkan oleh PT Royal Gensa Asih sebulan lalu.

Namun, puluhan bin container itu masih dalam tahap pengerjaan. Sesuai kontrak kerja, pada 15 Desember bin tersebut harus sudah berada di Batam.

Tidak hanya bin kontener saja, imbuh Yudi, sebanyak 25 unit truk arm-roll dan 37 unit mobil carry akan melayani tiga kecamatan tersebut. Puluhan kendaraan ini diadakan oleh e-catalog dalam proses pengadaaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Jasa Pemerintah (LKPP). Untuk 49 bin container, DKP akan menggandeng beberapa intansi terkait untuk menetapkan lokasi.

"Kita akan berkerja sama dengan camat, lurah, RW dan RT untuk menempatkan bin container yang tepat dan sangat dibutuhkan oleh warga. Untuk teknis pengangkutan sampah masih dalam kajian," pungkasnya. (*)

Editor: Roelan