Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Kasek dan Wakasek se-Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Pemantapan Karakter
Oleh : Habibi
Senin | 03-11-2014 | 17:29 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 220 kepala dan wakil sekolah se-Kota Tanjungpinang mengikuti pelatihan pemantapan pendidikan karakter. Pelatihan itu resmi dibuka Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, di Hotel Bintan Beach Resort, Senin (3/11/2014).

"Pelatihan pemantapan karakter ini bukan berarti kepala sekolah dan wakil kepala sekolah tidak memiliki karakter yang baik, namun pelatihan ini adalah untuk lebih memantapan karakter rekan-rekan yang sudah ada menjadi seorang pemimpin yang teladan, bijaksana, integritas, kreatif, inovatif, berkomitmen, memiliki manajemen pendidikan yang terarah, amanah, handal, profesional serta berkualitas dalam mewujudkan visi pendidikan nasional," kata Syahrul, dalam sambutannya, melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM.

Menurut Syahrul, kepala sekolah memeliki peran penting dalam menjalankan visi pendidikan nasional. Karena itu, kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan berkemampuan serta profesional dalam pengembangan pendidikan secara terarah, terencana dan berkesinambungan dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Kota Tanjungpinang.

Syahrul menambahkan, dengan meningkatnya keprofesionalan, ketrampilan, sikap dan nilai sebagai top manager, kepala sekolah harus bisa menjadi contoh teladan bagi sekolah yang dipimpinnya.

"Dalam kepemimpinan, apapun tugas yang telah diberikan harus bisa diterima dengan tanggung jawab, ikhlas serta melaksanakan dengan sebaik-baiknya sebaik-baiknya. Yang terpenting dalam proses pendidikan yang perlu diwujudkan adalah saling berkoordinasi , baik itu dengan pengawas sekolah, dinas pendidikan,  tenaga pengajar maupun orang tua murid, sehingga dunia pendidikan kita semakin baik ke depannya," kata Syahrul.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang HZ, mengatakan, pelatihan ini adalah untuk lebih memantapkan karakter, potensi, kompetisi serta tugas manajemen kepala dan wakil kepala sekolah yang optimal dan efektif. Di samping itu juga agar meningkatnya manajemen pelayanan pendidikan di Kota Tanjungpinang.

"Dengan pelatihan ini, kepala dan wakil kepala sekolah akan mempunyai standar profesi yang benar-benar berkualitas. Dan di akhir pelatihan ini akan diadakan pemetaan akademik, di mana hasil terakhir tersebut akan diranking," katanya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari selama 3 - 5 November 2014, dengan jumlah peserta sebanyak 220 orang, terdiri dari kepala SD 55 orang, wakil kepala SD 55 orang, kepala SMP 13 orang, wakil kepala SMP 14 orang,  kepala SMA 8 orang, wakil kepala SMP 34 orang, kepala SMK 6 orang, dan wakil kepala SMK 36 orang. (*)

Editor: Roelan