Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Barelang Nyatakan Seluruh Jajarannya Akan Jalani Tes Urine
Oleh : Gabriel P Sara
Rabu | 29-10-2014 | 14:22 WIB
tes urin.jpg Honda-Batam
Sejumlah anggota Polresta Barelang saat menjalani tes urine di Mapolresta, Rabu (29/10/2014). (Foto: Gabriel P Sara/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang, AKBP Asep Safrudin, berjanji akan memberantas peredaran narkoba di Batam. Untuk memulainya, Asep mengatakan seluruh jajarannya harus terlebih dahulu "bersih" dari narkoba.

"Untuk memulainya, semua anggota Polresta Barelang akan melakukannya dengan tes urine terlebih dahulu," kata Asep di Mapolresta Barelang, Rabu (29/10/2014).

Dia menjelaskan, melalui tes urine tersebut akan diketahui adakah anggotanya yang bermasalah dengan narkoba. Tes dilaksanakan mulai pagi tadi di aula lantai II Mapolresta Barelang. "Hari ini dimulai dari lingkungan Polresta dulu," imbuhnya.

Hingga siang tadi, sudah 100 personel yang menjalani tes urine. Namun belum ada yang positif menggunakan narkoba.

"Ini tes intern Polresta agar sebelum terjun memberantas narkoba harus dipastikan dulu bahwa anggota benar-benar bersih dari narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar," terang Asep.

Dia menegaskan, tes urine itu rencananya akan dilakukan secara berkala. "Sekitar 1.000-an anggota (yang akan dites urinenya). Tahap pertama di lingkungan Polresta dulu, tahap berikutnya baru masuk ke polsek-polsek. Ini juga sesuai instruksi Kapolda," tegasnya.

Sanksi tetap akan diberikan jika ada anggota yang terbukti menggunakan narkoba. "Kalau ada yang ketahuan menggunakan narkoba akan ditindak tegas. Bagi pemakai akan menjalani sidang kode etik, sementara pengedar atau terlibat dalam peredaran narkoba akan dipidana umum sesuai pasal yang berlaku," kata Asep.

Asep berharap agar semua bawahannya di Mapolresta Barelang tidak menggunakan narkoba sehingga dalam mengembangkan tugas terhadap masyarakat dapat berjalan maskimal sebagaimana mestinya. "Agar nantinya menjadi contoh yang baik bagi warga Batam sendiri," ujarnya. (*)

Editor: Roelan