Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

21 Pemuda Beprestasi di Karimun Terima Penghargaan
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 28-10-2014 | 17:50 WIB
penghargaan_BT_2014.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, memberikan penghargaan kepada para pemuda dan pelajar. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 21 pemuda berprestasi di Kabupaten Karimun meraih penghargaan dari pemerintah daerah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86, Selasa (28/10/2014). Penghargaan itu diberikan kepada pemuda yang berprestasi di bidang olahraga, Paskibraka, maupun akademis.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun, saat membacakan amanat Menpora RI, Imam Nachrawi, mengatakan, semangat pemuda harus terus menjadi obor penyemangat, pengabdian untuk bangsa dan Tanah Air tercinta. Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan oleh pemuda, dengan menyakinkan harapan akan masa depan yang cemerlang.

"Pemuda Indonesia akan terus memegang teguh komitmennya untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara, yang di dalam dirinya selalu terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila.  Pemuda yang akan selalu mempertahankan tanah air, bangsa dan negara selalu menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia," tegasnya, di lapangan upacara Kantor Bupati Karimun.

Dikatakan, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisah dari mata rantai perjuangan bangsa Indonesia. Di samping itu juga merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat serta martabat bangsa Indonesia yang mandiri serta sejajar dengan bangsa lain di dunia.

"Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang menjaga Negara Kesatuan Repubklik Indonesia (NKRI), dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad, NKRI adalah 'Harga Mati'," ungkapnya.

Ditegaskan, revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo, amatlah relavan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Sebab, ciri pemuda yang maju itu harus berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

"Pemuda maju mampu berpikir positif yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsa, demi keunggulan dan kegemilangan masa depan. Tidak mudah menyerah, bertanggung-jawab dan melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakat serta bangsa," katanya. (*)

Editor: Roelan