Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Rumah Terbakar di Perumahan RCP Batuaji
Oleh : Gokli Nainggolan
Selasa | 28-10-2014 | 15:15 WIB
rumah_di_rcp_batuaji_terbakar.jpg Honda-Batam
Rumah di RCP Batuaji yang bagian pintunya terlihat sudah menghangus. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu rumah yang terletak di Perumahan Rodesta Cipta Prima (RCP), Batuaji, dilalap api. Kendati tak seluruhnya hangus, rumah yang terletak di Blok E1 nomor 12 itu diduga sengaja dibakar orang tak dikenal (OTK) pada Selasa (28/10/2014) dinihari sekitar pukul 03.00 WIB.

Informasi yang didapat, warga melihat api tersebut sudah menyala di pintu depan rumah itu. Diduga, api sebelum menyambar pintu terlebih dahulu menyala dari tembok pembatas taman depan rumah tersebut.

Beruntung, api yang menyala di pintu depan itu berhasil dipadamkan warga dengan peralatan seadanya. "Yang sempat terbakar pintu depan saja," ujar Rio, warga setempat.

Awalnya, kata Rio, kepulan asap dilihatnya muuncul dari rumah tersebut. Setelah didekati, api sudah membakar pintu bagian depan. "Saya teriak supaya orang terbagun untuk memadamkan api itu,"katanya.

Menurut dia, rumah itu dikontrakkan oleh pemilik kepada salah seorang warga. Namun, saat pewarta datang ke tempat kejadian, penghuni atau pengontrak rumah itu tak berhasil ditemui.

Jhon, warga lainnya menambahkan, beberapa saat lalu, pemilik rumah yang tak diketahui namanya terlibat keributan dengan pengunjung kantin yang terletak di depan rumah tersebut. Pemilik rumah itu protes terhadap pengunjung kantin yang sedang bermain domino atau biasa disebut gaplek.

"Penyebab kebakaran belum tahu. Beberapa hari yang lalu pemilik rumah datang dan terlibat keributan dengan pengunjung kantin yang terletak di depan rumah itu," jelasnya.

Penghuni di samping rumah yang terbakar, Cici, mengetahui ada kebakaran setelah mendengar teriakan warga. Ia dan suaminya terbangun dan langsung ikut memadamkan api.

"Saya sama suami bagun karena ada teriakan. Ternyata api sudah mulai membara di pintu depan rumah tetangga. Kami ikut juga memadamkan bersama warga lainnya," ungkap wanita berkulit putih itu.

Kapolsek Batuaji, Komisaris Polisi (Kompol) Zaenal Arifin, yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya sudah turun ke lokasi kejadian. Saat ini, katanya penyebabnya masih dalam penyelidikan polisi.

"Kami masih lakukan penyelidikan. Tadi pagi, kami sudah turun ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan warga," jelas Zaenal. (*)

Editor: Roelan